Thursday, November 6, 2014

Resep Lapis Surabaya Green Tea ala Maya Kitchen

Rabu kemarin , gw lagi males buat ikut nge jazzercise kayanya  gw pingin banget masuk dapur seharian buat menyelesaikan janji pada teman yang ngasih telur segabreng ..  Hihihi , rasa nya tiap liat tuh telur nangkring dipojokan rasa nya ada yang menarik2 tuk ngerjain tugas negara ..  Ceile , akhirnya karna sudah janji dan pingin cepat tuntas akhirnya gw kerjain jg tuk bikin lapis surabaya ala gw tapi kali ini gw pingin bikin tuh lapis nggak coklat tapi pake green tea krn pas gw mau ambil susu bubuk eh nemu green tea powder daripada keburu kadaluarsa mending gw olah aja tuh green tea biar bermanfaat deh dan pingin tahu apa rasa nya kl pake green tea , wih ternyata eunak bgt, apalagi tadi sempat gw bawa buat pengajian dan ada 7 potong gw bawain ke kantor suami ( makasihnya Venny udh ngasih telur dan gw tadi minta 7 potong buat suami bw ke kantor ) sebenarnya tadi gw bawain lapis surabaya plus soes lemon curd buat suami dan teman2 kantor nya dan ternyata gw dapat pujian dari teman2 suami malah gw dibilang cheff sama mereka .. Aduh jd GR dan terbang ke langit tujuh deh ...hihihihihi. Kata mereka sangat eunak apalagi mereka suka banget sama soes lemon curd nya malah ada yang minta resepnya ....tersanjung gw dan bahagia karna ada yang menyukai makanan gw ...jadi terharu 😊😊😊, tapi tadi laris manis makanan gw dikantor suami kynya kl jualan laku ky gitu asyik jg nya ....dasar otak dagang nie πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€, kok jadi ngelantur . Oh iya lapis surabaya ini kl di Indo harga nya selangit muales deh belinya tapi sebenarnya sebanding jg sih harga dan rasa karna bahan yang dipake memang muahal apalagi dengan jumlah telur yang alamak bgt plus butter wisjman yang harga nya jg lumajeng deh cuman nyesek aja kl beli tuh lapsur makanya gw jarang beli soalnya kagak puas mending gw bikin deh hati puas dan bebas makannya ..., keliatan emak2 nggak mau rugi bgt ...hihihihi . kl teman2 pingin bikin harus punya waktu luang nya biar kue nya cuantik dan rasanya pas sama tenaga dan bahan yang dikeluarkan biar nggak nyesek nanti nya ...πŸ˜€πŸ˜€sebenarnya bikin kue ini gampang kok nggak susah yang susah isi kantong buat beli bahannya apalagi kalau liat jumlah telur yang dipake bikin keblenger di dompet πŸ˜€πŸ˜€, tapi kl mau coba dan penasaran boleh pake 1/2 resep aja biar nggak nangis gulung2 kalau gatot ...πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€. Puanjang banget aku ceritanya , udah qta mulai aja pratek nie kue ....selamat melihat , aku pake resep dr bunda nadhifa / Rieke ( makasih nya mba udah kasih contekkan resep semoga ilmu mba makin banyak ... Aamiin ) 


Lapis Surabaya Green Tea ala maya kitchen 
Sumber : Bunda Nadhifa/ Rieke 
Disandur dan dimodif oleh  : maya kitchen 

Bahannya : 

30 butir kuning telur 
6 butir putih telur 
300 gram gula pasir 
20 gram emolsifier 
160 gram tepung terigu all porpuse 
40 gram susu bubuk full cream 
25 gram tepung maizena 
300 gram mentega ( aku campur 150 gram butter plus 150 gram margarine ) , cairkan 
20 gram bubuk green tea / matcha powder dilarutkan dengan sedikit air , aku pake kira2 25 ml air ) atau kl mau pake coklat 1 sdm coklat pasta / 20 gram coklat bubuk 
Vanilli bubuk 
Selai strawberry 


Caranya : 

1. Campur tung terigu, maizena dan susu bubuk , ayak , sisihkan 
2. Kocok / mixer kuning telur , putih telur , emulsifier dan gula putih , kocok sampai putih dan kental sekali dengan mixer kecepatan tinggi , setelah putih dan kental masukkan vanilli bubuk , kocok sebentar . 
3. Setelah adonan putih dan kental kmdn masukkan campuran tepung , susu dan maizena sedikit2 kedalam adonan tadi , kocok / mixer kecepatan paling rendah sampai tepung tercampur rata , matikan mixer setelah adonan tercampur rata . 
4. Setelah itu baru masukkan cairan butter dan margarine sedikit2 aduk dengan spatula dengan cara diaduk balik biar tdk ada cairan butter yang terendap di bawah , lakukan sampai cairan butter habis setelah tercampur rata , baru bagi adonan menjadi 3 bagian ( aku tadi total adonan sekitar 1500 gram jadi aku bagi 3 setiap adonan 500 gram ) , 2 adonan biarkan berwarna asli ( putih ) satu adonan lagi beri larutan green tea / coklat aduk rata agar cairan green tea tercampur rata . 
5. Selagi membagi adonan , panaskan oven dengan suhu 160 celcius atau 350 F , siapkan 3 buah loyang ukuran 20*20*4 cm olesi loyang dengan mentega dan alasi dengan kertas roti . 
6. Setelah adonan dibagi dalam 3 bagian baru masukkan adonan kedalam 3 loyang setiap adonan kemudian panggang selama 25-30 menit ( aku hanya 25 menit ) hingga matang dan atas nya berwarna kecoklatan ( hati2 gosong ) 
7. Jika sudah matang , keluarkan kue lalu simpan pada ral kue kemudian balikkan kembali kue dr rak kue , dinginkan . 
8. Setelah dingin baru olesi dengan selai strawberry ( bebas saja mau pake selai apa ) tekan sedikit biar kue menempel dengan kue yang lainnya , rapikan kue biar keliatan cantik . Lapis surabaya siap tuk dinikmati sebagai teman minum teh . 


Selamat mencoba . 

Note : kue ini akan terasa lebih gurih kalau butter yang dipake lbh berkualitas baik 



Ini dia Lapis Surabaya Green Tea Ala Maya Kitchen 
Yummy ...... 

No comments:

Post a Comment