Wednesday, November 12, 2014

Resep Cilok ( aci di colok ) ala Maya kitchen

Cilok , ini makanan khas jawa barat dan merupakan jajanan anak2 SD , sebenarnya kl di liat2 nie makanan nggak ada gizinya walau kurang gizi tapi amat sangat diminati oleh siapapun , apalagi sekarang cilok banyak diisi beraneka ragam jadi lumayan ada peningkatan gizi , 😊. Gw baru makan cilok pas gw liat abang2 di Supermarket Borma disitu tukang cilok tiap hari penuh trs ama yang beli , penasaran  jg apa sih cilok itu , akhirnya gw beli jg dan pingin tahu rasa tuh cilok kebetulan cilok yang di borma ini cilok goreng ada jg sih cilok kukus tapi gw lbh tertarik sama yang goreng dan cuman dikasih bumbu kacang atau taburan bawang goreng uleg yang dikasih bumbu penggurih gitu . Ternyata baru deh gw tahu rasa cilok yang sesungguhnya lumayan deh daripada lu manyun ...hihihi . Nah pas gw pindah ke LN gw nyobain lagi cilok dr teman gw , tapi yang ini versi cilok kukus / rebus yang di banjur dengan bumbu kacang , rasanya enak apalagi tuh cilok kl dimakan rada perlu pengorbanan karna kenyal bgt ...hihihi, suka ngeri jg sih kl makan cilok takut ke sengglong / ketelan begitu aja . Nah kali ini gw coba coba bikin cilok sendiri dan coba membuat formula sendiri , ternyata eunak lho ( happy deh akhirnya bisa bikin cilok sendiri jadi nggak perlu jajan lagi di abang2) ternyata bikin cilok ini biar tdk terlalu kenyal perbandingan antara tepung sagu dan terigu yaitu 1:1 jadi adonan cilok pas banget , makannya tdk perlu perjuangan ...hihihihi. Nah buat teman2 yang pingin bikin cilok ini resepnya .....



CiLok alias aci di colok ala maya kitchen 
By : maya kitchen 

Bahannya : 

150 gram tepung tapioka / sagu 
150 gram tepung terigu serbaguna / all porpuse 
300 ml air 
1 sdt garam 
1 sdt kaldu bubuk ( rasa bebas ) 
2 sdt gula putih 
1 sdt merica bubuk 
3 batang daun bawang , iris halus 
3 siung bawang putih , haluskan 

Tadi gw kasih isian sosis enak jg ternyata . 

Pelengkapnya 
Saos sambel 
Kecap manis 
Jeruk nipis / jeruk purut ( optional ) 

Caranya : 

1. Campur tepung terigu dan tapioka/ sagu beserta daun bawang iris , sisihkan . 
2 . Ambil panci beri air ( 300 ml ) , masukkan garam , kaldu bubuk, merica, gula dan bawang putih halus , masak sampai mendidih trs angkat . 
3. Kemudian masukkan air berbumbu  sedikit2 kedlm  bowl yang berisi tepung terigu dan sagu / tapioaka,  aduk perlahan dengan spatula kayu ( jgn dengan tangan krn air panas bisa melepuh nanti tangannya ) aduk sampai adonan bisa dipulung ( hentikan pemakaian air jika adonan sdh bisa di puling / dibentuk ) sisihkan 
4. Panaskan panci isi dengan air secukupnya untuk merebus adonan cilok , masak sampai air mendidih , sambil menunggu  mendidih air , qta  bentuk adonan cilok bulat 2 sebesar bola bekel yang kecil setelah air mendidih masukkan bulatan2 cilok kedlm nya , lakukakn sampai adonan hbs , masak cilok sampai mengapung , setelah mengapung biarkan sekitar 15-20 menit di air rebusan tsb , setelah itu matikan kompor angkat cilok . 
5. Panaskan dandang tuk mengukus cilok , setelah beruap byk baru masukkan cilok yang sdh direbus tadi masak / kukus sekitar 15 menit sampai empuk , setelah itu angkat cilok, kmdn simpan dlm wadah dan siram cilok dengan bumbu kacang diatasnya, cilok siap di nikmati bersama saos sambal dan kecap . 


Bumbu kacang nya:.

100 gram kacang tanah , goreng   Sisihkan 
1 buah cabe merah
3 siung bawang putih , goreng 
1 sdt merica 
 2 sdt gula putih 
5 lembar daun jeruk 
Garam secukupnya 
500 ml air 


Caranya : 

Blender kacang tanah , cabe merah beri air ( 500 ml ) blender sampai halus , sisihkan . 
Masukkan bumbu kacang kedlm panci beri daun jeruk , masak sampai kacang keluar mimyak gunakn api sedang , setelah kacang keluar minyak beri garam, merica dan gula aduk sebentar lalu angkat ( tadi gw biar minyak nya rada lumayan aku tambahkan 2 sdm minyak goreng , setelah itu angkat dan sisihkan , bumbu kacang siap di sajikan bersama cilok . 

Selamat mencoba 



Nie cilok setelah direbus dan dikukus mirip biji tekwan atau siomay aci . 
Ini yg bumbui kacang tanah tinggal kasih saos sambel dan kecap manis 👍👍👍
Hmhmhm ... Cilok siap di santap bersama krupuk . 

No comments:

Post a Comment