Saturday, November 22, 2014

Resep Meat Loaf ala Maya kitchen

Hari sabtu tanggal 22 nov 2014 ini pagi2 udah disibukkin didapur buat siap2 bikin kue yang akan gw bawa buat berkunjung ke rumah salah satu sahabat gw , sebenarnya hari sabtu adalah hari libur gw memasak, biasanya kl sabtu gw pake buat jalan2 , olah raga bersama keluarga tapi karna ada undangan makan jadi gw harus berkutat di dapur tercinta gw sekalian beres2 rumah deh apalagi kali ini ada teman dekat putri ku jg yang mau berkunjung jadi gw harus jadi emak yang rajin deh ....hihihihihi. Oh iya hari sabtu ini gw masak berbagai masakan dari nasi goreng , ayam crisphy , dadar gulung, lapis singkong dan meat loaf beserta aksesories nya ...walah mak banyak bgt gw masak nie hari tapi karna hati senang jd nggak kerasa deh walau semua gw kerjain sendiri tanpa ada bantuan siapapun , padahal kl di negara gw boro2 gw suka masak yang ada gw pasti tinggal nunjuk dan pergi ke restoran yang mana gw suka , ntar suami dan anak2 tinggal nurut ... ( pemalasan tingkat dewa deh kl di negara ku ... 😀😀) oh iya kali ini gw masak yang kebule2an gitu deh , sebenarnya masak ini buat memenuhi request anak ku yang bungsu krn dia pingin bgt meat loaf , nah kl beli jadi gw nggak nyakin daging nya halal apa kagak jadi kmrn belanja dulu daging cincang halal dan bahan2 yang lainnya .  Nie bocah kl cari makan suka pingin yang susah aja , bikin emaknya suka bingung dan kudu mencari 2 di mbah google untung gw kmrn dapat resep dari mba camelia  ( makasih bgt udah kasih resep dan izin nyontek serta nyatet resep nya mba ) , bikin meat loaf ini gampang bgt , nggak pake ribet tapi rasa dijamin makyuuus , ada beberapa yang aku modif sdkt bahannya karna disesuaikan dengan yang ada di dapur tercinta ku ...yuk deh qta intip cara dan bahan2 nya . 

Meat loaf ala maya kitchen 
Sumber : mba camelia 
Modif / cara : by maya kitchen 

Bahannya utk loafnya : 

900 gram daging cincang ( ground beef ) 
2 buah bawang bombay , cincang kasar , sisihkan 
1 1/4 cup roti  kering  ( dry bread crumb ) , ini aku rendam sebentar dengan 3 sdm susu cair asal lembek aja . 
3/4 cup susu bubuk ( bebas merk apa aja ) 
2 butir telur uk. besar 
1sdm  merica hitam bubuk ( ground black pepper ) 
1 sdm dried parsley 
1 sdm garlic salt 
2/3 air 
1/2 cup saos tomat 

Caranya :  campur ground beef ( daging cincang ) dengan bawang bombay , roti kering yang sdh lembut , susu bubuk, merica hitam bubuk , telur ayam , garam, dried parsley , garlic salt , saos tomat dan air , aduk rata sampai semua tercampur  , setelah itu masukkan kedlm loyang tuk loaf ( olesi dulu loyang dengan margarine ) kemudian panggang dalam oven dengan suhu 375 F , panggang selama 55- 60 mnt atau sampai permukaan daging kelitan sudah coklat ( tapi bkn gosong lho ) angkat dan sisihkan . 


Mashed Potatoes 
Bahannya : 

1 kg kentang ( aku pake kentang yang gold potatoes hasilnya lbh bagus kuning , lembut  ) 
100 gram salted butter ( jgn ganti dengan margarine nya krn butter itu akan menghasilkan rasa yang enak jd the best butter ) 
100-150 ml susu cair uht ( aku pake 150 ml susu cair dan ditambah 50 ml whipping cream cair biar lbh gurih tapi tekstur kentang tergantung selera nya bisa ditambah susu lagi kok kl krng lembut ) 


Caranya membuat Mashed Potatoes : 

1.Kupas kentang kmdn  Kukus kentang sampai lunak ( jgn direbus krn kadar air di kentang akan jd byk ) setelah empuk kentang angkat kmdn haluskan dengan alat pelumat kentang ( bisa jg ditumbuk atau diuleg nya , menghaluskan kentang msh dlm kondisi panas nya ) .
2. Setelah kentang lumat beri butter kemudian aduk rata sampai butter mencair dan tercampur rata dengan kentang . 
3 . Terakhir baru beri susu sedikit 2 sambil diaduk , aduk sampai didapat tekstur kentang yang diinginkan . Kmdn test rasa baru disajikan bersama meat loaf . 


Garlic Butter Corn 
Bahannya :.

4 buah jagung manis ( bisa jg yg dikaleng tinggal vuang air nya lalu tiriskan ) 
50 gram salted butter 
4 siung bawang putih , cincang halus 
2 sdm parsley kering 
1/2 sdm merica hitam bulat ( aku uleg kasar aja ) 
 

Caranya : 

Masak butter dlm wajan sampai mencair , kmdn tumis bawang putih sampai harum ( jgn sampai berubah warna nya cukup terasa sudah harum aja ) setelah itu masukkan jagung aduk rata beri merica bubuk dan parsley kering aduk 2 kemudian tutup wajan tapi sekali2 buka dan aduk kmdn cicipi rasa dan jika jagung sdh empuk , matikan kompor , angkat dan sajikan bersama meat loaf, mashed potatoes dan garlic butter corn ...hmhmhm sedaaaap dan makyus . 

Jika ingin membuat Gravy nya : 

Panaskan wajan beri 1sdm butter kemudian masukkan 1 1/2 sdm tepung terigu , aduk rata jangan sampai tepung terigu bergerindil ( tepung dimasak agar gravy tdk terasa bau tepung ) kmdn masukkan kaldu dari sisa pemanggangan meat loaf , aduk 2 biarkan sampai mengental setelah mengental angkat dan gravy siap tuk di sajikan sbg topping mashed potatoes . 


Met mencoba , menu ini cocok tuk dinner . 


Ini meat loaf baru keluar dr Oven
Ini hasilnya dan siap tuk dinikmati 
Hmhmhm ini deh hasil akhir nya siap tuk di santap sbg dinner .. 

No comments:

Post a Comment