Sunday, November 23, 2014

Resep Dadar Gulung Ala Maya kitchen

Weekend kemarin tepat nya hari sabtu , gw dapat undangan dinner dr salah satu sahabat lama gw di Anchorage , dia baru kembali lg ke Anchorage tahun ini , senang bgt krn qta udah lama nggak bersua senang bisa ketemu lg keluarga mereka dan bertemu teman2 yang lain , asyik aja ngobrol dan nggak kerasa waktu sudah menunjukkan angka  jam 9 pm ( emang emak2 kl udah ngobrol lupa diri bgt 😀😀😀) pdhl bpk 2 dan anak 2 udah ngelirik2 trs buat pulang .untuk kunjungan kali ini gw pingin bikin makanan kesukaan anak2 nya yaitu dadar gulung dan lapis singkong , tadi nya mau bikin otak2 tapi kok rada2 ribet jadi bikin yang ini aja praktis , dadar gulung kan makanan khas negri tercinta gw dan merupakan jajan tradisional yang byk disukai semua kalangan , gw sering jumpai kue ini diacara arisan dan pengajian atau acara lainnya , dan kue ini tak lengkang dimakan waktu tetap sering dicari oleh semua orang , rasa kue ini eunak krn ada wangi pandan dr kulitnya dan rasa manis dr untinya benar2 perpaduan rasa yang eunak , gw nggak tahu sejarah dan asal usul nie kue yang gw tahu ini kue termasuk jajanan pasar yang murah meriah tapi rasa dijamin sedaaap . Kemarin gw bw kue ini ternyata disukai oleh semua orang ( senang nya gw karna bisa mengenalkan jenis makanan dr negara qta Indonesia ) bikin ini kue gampang kok nggak susah dijamin semua ibu2 dan teman2 yang baca blog gw ini pasti bisa membuat nya , nah gimana kl qta mulai aja dengan resep dan cara nya , oh iya aku dapat ini resep dari berbagai sumber di mbah google tapi aku padu padankan dr sumber2 tsb . Yuk qta intip cara dan bahannya . 


Dadar Gulung ala maya kitchen 
Sumber : mbah google 
Modif : by maya kitchen 


Bahan Unti Kelapa : 

300 gram kelapa parut ( kebetulan aku pake yang  frozen ) 
125 gram gula merah 
50-60 gram gula putih 
1/2 sdt garam 
1 lembar daun pandan , ikat 
Vanili secukupnya 
125- 150 ml air 

Cara membuatnya : 

Panaskan wajan masukkan air, gula merah  dan gula putih beserta pandan , garam masak sampai  semua gula mencair  kemudian masukkan  parutan kelapa , aduk rata biarkan air terserap oleh kelapa, aduk terus sampai air tdk  ada lagi ( kelapa pada saat dimasak untuk menjadi unti , kelapa jgn sampai kering dan jangan pula terlalu basah , pokoknya pake feeling aja sekiranya kelapa sdh rada2lengket matikan kompor  ) baru beri vanili , aduk rata , angkat dan sisihkan . 

Bahan kulit dadar gulung : 

250 gram tepung terigu protein rendah ( aku pake all porpuse ) 
1/2 sdt garam 
2 butir telur uk. Besar , kocok lepas 
700 ml santan cair ( aku pake santan instan 500 ml  santan kental dan 200 ml air ) 
Pasta pandan secukupnya . ( warna terserah selera aja ) 
Margarine secukupnya tuk olesi teflon / wajan dadar gulung . 

Cara membuat kulit : 

1. Ambil bowl yang besar kmdn masukkan tepung terigu dan garam , buat lubang ditengah nya lalu masukkan telur yang sudah dikocok aduk rata , kemudian masukkan santan cair sedikit2 sambil terus diaduk ( gw pake whisk ) lakukan sampai santan habis dan aduk trs adonan sampai menjadi licin , saring baru beri pasta pandan ( pewarna hijau ) , aduk rata . 

2. Panaskan wajan ( aku pake teflon yang uk. Sedang , nggak tahu ukurannya ) setelah teflon benar2 panas olesi teflon dengan margarine tipis2 saja lalu ambil 1 1/2  sendok makan sayur ( aku pake sendok sayur yang uk. nya sedang ) kemudian goyang2 kan pan agar adonan merata ke sisi teflon , masak sampai matang dan permukaannya tdk lengket jika disentuh dgn tangan ( hati2 gosong bawahnya , pake api sedang saja jgn terlalu kecil apinya krn adonan kulit tdk akan berpori2 kl api terlalu kecil ) , angkat , sisihkan , lakukan sampai adonan habis .dinginkan ( jgn menggulung / melipat adonan pada saat msh panas krn akan sobek kulitnya ) . Intinya jika ingin kulit berpori pada setiap menuang adonan ke teflon / wajan pastikan teflon dlm keadaan panas . Jgn memasak kulit dadar terlalu lamanya krn akan menyebabkan kulit menjadi kering . 
3. Jgn memasukkan adonan terlalu byk kedlm teflon krn kulit akan tebal dan susah tuk digulung .

Penyelesainnya : 

Ambil selembar kulit dadar gulung beri 1/2 sdm isian ( unti kelapa ) kmdn gulung lioat kedua ujung sisi nya baru gulung kembali , lakukan sampai adonan kulit habis , dadar gulung siap tuk di sajikan .

Agar dadar gulung tidak kering tutup dengan plastik atau bungkus setiap dadar gulung dengan plastik . 


Selamat mencoba ....


Ini unti kelapa tekstur nya tdk kering tdk basah .. Jd sedang2 saja ( serasa lagu dangdut 😃😃) 

Ini dia Dadar gulung ala maya kitchen .. Boleh nyomot kok 
Siap menemani anda sbg teman minum teh di kala pagi atau sore hari 

No comments:

Post a Comment