Sunday, November 2, 2014

Resep Kupat Tahu Bandung Ala Maya Kitchen

Kali ini gw mau bikin sarapan atas request suami   ( kakang mas ...😊😊) pagi2 tadi dia udah request pingin makan kupat tahu ala pasar simpang dago , kupat tahu ini emang top deh mnrt gw karna bumbu nya kental dan makyus bgt apalagi kl dimakan pagi2 hbs anter anak sekolah atau hbs dolan di minggu pagi , pasti qta nyempetin menyatap makanan favorit ini sebenarnya ada dua tempat kupat tahu yang mnrt gw eunak dan pas dilidah yaitu yang dipasar simpang sama yang dekat rmh sakit cicendo tapi qta lbh sering yang dipasar simpang itu mungkin karna tempat nya yang searah sama sekolahan anak gw dulu . Berhubung skrng lagi merantau jauh dari kota kembang dan lagi kakang mas lagi kangen pingin kupat tahu , akhirnya gw turun kedapur jg buat mengeksekusi bumbu kacang tuk kupat tahu , untung kmrn aku udah bikin lontong jadi tinggal menyediakan bahan2 pelengkap nya aja ( sebenarnya pagi2 sblm ada request gw udh masak sayur nangka tuk gw bikin kupat sayur padang tapi ternyata berubah dr skenario gw deh akhirnya gw bakbikbuk lagi didapur demi suami ku ) aku bikin kupat tahu ini berdasarkan resep yang pernah gw minta dari nyokap , mnrt gw dan suami serta pencicip setia tadi bilang kupat tahu  nya eunak dan  hampir mirip dengan kupat yang dipasar simpang ( walau hampir tapi gw puasa deh krn semua cocok dengan rasa nya ) . Kupat tahu ini sebenarnya gampang bikinnya hanya yang rada susah bikin lontong nya aja kl yang lain standar aja deth.wis kayanya gw kepanjangan nie nulis nya yuk deh qta mulai saja .......


Kupat Tahu Bandung ala Maya Kitchen 
By : maya kitchen 

Bahannya : 

Beberapa buah lontong ( tadi aku pake lontong instan hanya 2 buah ) 
1 kotak tahu putih , goreng sisihkan 
100 gram krupuk aci sumber sari ( ini gw bw dr Indonesia ) 
Bawang goreng 
Kecap manis 
Sambel cabe 
Toge secukupnya , banjur dengan air panas spy layu 


Bumbu kacang : 

200 gram kacang tanah , goreng sisihkan 
100 gram gula putih 
1-2 sdm kecap  manis 
Garam secukupnya 
1 ibu jari kencur 
5-10 siung bawangputih , goreng sisihkan 
2-5 buah bawang daun yang hijau nya saja, potong sekitar 3 cm 
Garam secukupnya 
300 ml santan ( 150 ml santan kental + 150 ml air ) 
50 ml air asam 
3 lembar daun jeruk 
1 buah cabe merah 


Cara membuat bumbu kacang : 

1. Blender kacang tanah yang sudah digoreng dengan kencur, gula merah ,  cabe merah , bawang  putih goreng , santan , air asam , blender tapi jgn terlalu halus sekali ( tadi aku terlalu halus ) . 
2.ambil pancil anti lengket yang uk. nya sedang kmdn tuang adonan kacang yang sudah diblender tadi lalu masak dengan api kecil sampai bumbu kacang ini menggolak , diaduk2 nya takut bawah nya gosong masak trs kalau bisa sampai bumbu kacang keluar minyak nya , lalu beri irisan daun bawang, dan kecap manis ,masak sebentar lalu angkat ( bumbu aku msh bersifat encer ). Bumbu kacang siap tuk menemani kupat tahu . 


Penyelesaian nya : 

Ambil piring lalu beri potongan ketupat / lontong , beri potongan tahu goreng , kasih lagi toge diatasnya baru siram dengan bumbu kacang , kmdn taburi dengan bawang goreng dan kerupuk aci , kupat tahu ala maya kitchen siap tuk dinikamati sebagai menu sarapan . 



Selamat mencoba ....


Nah ini menu dipagi hati Kupat tahu Bandung ala maya kitchen 
Ini dia kupat tahu yg siap tuk disantap 


No comments:

Post a Comment