Thursday, November 6, 2014

Resep Baked Penne ala maya kitchen

Hari ini karna bagian pengajian , jadi aku harus masak dr pagi buat anak2 ku biar nanti pas pulang dari pengajian sudah tersedia makanan , kakaknya aku bikinin ayam goreng tepung krn favorit nya ayam dan adik nya aku bikinin baked penne aja yang gampang dan cepat , baked penne ini sseperti lasagna ataupun macaroni schotel karna cara pembuatan nya sama saja hanya beda bentuk aja tapi bahannya sama aja kok jadi nggak susah buat aku bikinnya dan nggak ngabisihin waktu jg krn sesudah masak ini aku masih bisa ikutan kelas aerobik sebelum pengajian . Aku nggak akan panjang lebar nulis nya jadi aku langsung aja cerita pembuatannya . Oh iya aku dapat resep ini disalah satu milis di mbah google jadi maaf kl tdk aku sebut namanya karna aku lupa, tapi aku benar2 makasih banget jadi dengan liat resep itu aku punya ide yang lain tuk masak ala2 asing . 

Baked Penne 
Disandur oleh : maya kitchen 

Bahannya : 

250 gram penne 
1 sdm olive oil 
Garam secukup
Air secukupnya tuk merebus . 

===== Panaskan panci yang berisi air , masak sampai mendidih lalu beri olive oil dan garam kmdn masukkan penne masak sampai al dante  , jgn  terlalu matang banget nya krn nanti akan jadi lembek bgt . Pokoknya kira2 sdh empuk , angkat dan sisihkan . 


Saus daging nya : 
Bahannya : 

3 sdm olive oil light 
300 gram daging cincang 
1 sdt oregano 
2 sdt seasoning italian 
5 sdm pasta tomat 
3 sdm saus tomat 
1 sdt merica bubuk 
1 sdm gula putih 
1 sdt Garam  
1 buah bawang bombay , cincang halus 
4 siung bawang putih , cincang halus 
250 ml air 
2 buah tomat merah.  Cincang kasar ( aku nggak pake krn tdk ada persediaan ) 

Cara nya : 

1. Panaskan wajan beri minyak goreng / olive oil , tumis  bawang bombay dan bawang putih sampai harum  dan bawang bombay layu .
2. Setelah kedua bawang layu baru masukkan daging cincang aduk rata , masak daging sampai berubah warna . 
3. Setelah daging berubah warna masukkan air , bumbu2 : merica, garam , gula pasir , oregano , pasta tomat, saos tomat dan seasoning italian aduk rata, cicipi rasa kmdn masak saus daging sampai air nya berkurang ( saat ) lalu angkat dan sisihkan . 

Saos putih 
Bahannya : 

250 ml susu cair ( uht ) 
50 ml whipping cream ( biar lbh gurih ) 
100 gram keju cheddar , parut 
50 gram keju parmesan , parut 
2 sdm butter 
1 sdm tepung terigu 
1 sdt pala bubuk 
Merica bubuk putih secukupnya 


Taburannya : 

100 gram keju mozarrela 

=== panaskan wajan beri butter biarkan sampai mencair ( hati2 butter nya hangus ) dengan api kecil, masukkan tepung terigu aduk rata sampai tepung tdk bergerindil lalu masukkan susu dan whipping cream aduk kembali masak sampai kental terakhir masukkan parutan keju cheddar, keju parmesan , pala bubuk , merica bubuk aduk 2 sampai keju mencair , setelah itu angkat dan sisihkan . 


Penyajiannya : 

Ambil pinggan tahan panas lalu masukkan penne yang tadi sdh direbus kemudian banjur dengan saos daging diatas dan banjur kembali dengan saos putih setelah rata baru taburi dengan mozarrela , terakhir panggang dalam oven dengan suhu 356 F atau 180 celcius selama 30 menit , setelah keju meleleh dan berwarna kuning , keluarkan penne dari oven , biarkan hangat dan baked penne siap tuk dinikmati selagi hangat bisa di cocol dengan saos tomat atau saos sambel . 


Selamat mencoba . 

Nih awal penne disiram saos daging 
Penne yg sdh ditaburi mozarella , yg disiram saos putih lupa ke foto , ini tinggal dimasukkan ke oven 
Hasil akhir keburu di makan c bungsu 

No comments:

Post a Comment