Thursday, November 6, 2014

Resep Puding Jelly Bunga ala Maya Kitchen

Waktu hari rabu kemarin ( tgl 3/11/2014 ) gw didapur bisa menyelesaikan 3 macam kue yaitu soes lemon curd , lapis surabaya dan puding jelly bunga , pembahasan kali ini mengenai puding jelly art . Gw tuh penasaran banget sebenar nya sama nie puding apalagi disetiap face book atau blog 2 orang lain di mbah google tuh bertebaran banget puding jelly art dan itu bikin gw termotivasi banget pingin bikin karna keliatan nya menantang banget karna melukis didalam jelly dengan alat suntikan , waktu gw pulang ke Indo gw sempatin beli peralatan tsb dan gw pernah coba bikin ternyata gampang 2 susah karna memerlukan tingkat konsentrasi yang tinggi kl tdk konsen bisa bocor puding nya , tapi ada seru dan sensasi nya kl qta bisa bikin tuh puding jelly art ky nya sesuatu banget , apalagi nie puding lagi booming bgt , kali ini di Alaska gw pingin coba tapi gw nggak bawa alat2nya karna wkt gw mau bawa takut dianggap bawa barang2 terlarang tadinya gw mau beli suntikan nya aja di Alaska ke toko obat tapi kok bingung jg boleh nggak nya beli peralatan suntik gitu disini ....tapi akhirnya gw nggak kehabisan akal jg akhirnya gw bikin jg tuh puding tapi pake cetakan putu ayu yang gw titip dr teman wkt dia pulang ke Indonesia ( makasih nya mba Ana , udh mau direpotin ) , lumayan deh hasilnya bisa bikin terobati akan puding jelly art ...😊😊 nggak ada rotan akar pun jadi istilah buat gw terhadap puding art . Mengenai rasa puding  ini enak  krn perpaduan dari puding itu sendiri kmdn dilapis dengan jelly dari rasa lyche jadi mnrt gw pas bgt dan anak2 gw suka banget , malah mnrt mrk sayang bgt kl tuh puding dipotong karna gambarnya bagus ...hihihihi . Bener sih kata anak2 ku sebaiknya cukup dipandang dimakan jangan ....hihihihi. Nggak tega makannya karna pudingnya cantik ...udah malem nie , gw nggak akan panjang 2 lg deh ngedongeng nya yuk qta mulai aja cara nya . 


Puding jelly Bunga 
By : maya kitchen 

Bahan tuk pudingnya : 

1 bungkus agar2 warna putih / bening 
6 buah pewarna makanan ( hijau , biru, merah , orange , pink . Ungu ) 
750 ml susu cair ( UHT ) 
150 gram gula putih ( boleh ditambah sesuai selera saja ) 
1 sdt vanila bubuk 

===== ambil panci kmdn masukkan agar2 , gula , vanili campur bersama susu terus aduk rata kmdn masak cairan agar2 dengan api sedang sampai mendidih , matikan kompor , angkat .
Bagi adonan agar2 menjadi 6 bagian dengan masing2 sekitar 100 ml kemudian setiap cairan beri pewarna makanan ( sesuai selera saja warna nya ) . Kemudian ambil cetakan bunga putu ayu lalu masukkan cairan agar2 kedlm masing2 cetakan biarkan agar2 menjadi dingin dan mengeras. Sisihkan . 



Bahan tuk jelly : 

1 bungkus jelly rasa lyche , aku pake nutrijel yang dibawa dr Indonesia 
180-200 gram gula pasir 
700 ml air putih 

==== campur jelly, gula putih dan air , masak sampai mendidih , angkat . Sisihkan 




Penataannya : 

Ambil loyang atau wadah pyrex ( sesuai selera aja ) terus basahi loyang dengan air  kemudian susun puding bunga dalam loyang  paling bawah ,  aku pake 6 buah puding bunga ( yang paling bawah menghadap kebawah bunganya , tadi aku terbalik menaruhnya , aku nyusunnya 2 lapis ) kemudian susun kembali sisa puding bunga diatas nya baru terakhir siram puding bunga dengan jelly secara perlahan2 agar puding bunga tdk berubah bentuk , biarkan dingin dan mengeras setelah keras puding jelly bunga ini sebaiknya disimpan dalam kulkas biar pas dimakan enak , terasa dingin membelai tenggorokan . .....



Selamat mencoba . 



Note :  aku pake cetakan putu ayu sebanyak 12 buah ( bisa lbh jg kl kondisi loyang besar ) 
              Memasak jelly sebaiknya setelah puding bunganya sdh mengeras agar jelly nya tdk cepat 
               Keras . 








Nah ini puding jelly bunga msh dlm loyang ...cantikkan ( muji2 sendiri ) 



Ini setelah aku simpan di piring  jadi sayang tuk dipotong ... 

No comments:

Post a Comment