Friday, November 14, 2014

Resep Bolu Gulung Pandan Coklat ala Maya Kitchen

Bolgu lg bolgu lg , iya nie gw masih belum bosan dan nggak pingin beranjak dari hobby bikin nie bolgu habis nya asik gitu dr mulai memadukan warna , menggulung dan membuat karakter nie kue kapan hari gw pernah bikin bolgu karakter ( Japannese roll cake ) pernah jg bikin bolgu maranti pokoknya selagi gw masih suka pasti gw bikin mlulu dan kebetulan anak dan suami gw suka jadi nggak masalah kan ada yang mau makannya dan ada yang menyukai masakan gw . Ternyata bikin bolgu yang ini tdk terlalu sulit malah gampang dan alhamdulillah nya pas ngegulungnya bagus nggak pake  retak2 tuh mulus kaya jalan tol ...hihihi . Nggak usah banyak basa basi deh qta mulai aja nya siapa tahu buibu dan teman2 ada yang berminat tuk mencoba nie bolgu ....aku liat resepnya mba Nie Ing ( makasih mba udh share resep nya ) 



Bolu Gulung Pandan Coklat ala maya kitchen 
Sumber : mba Nie Ing 
Modif bahan sdkt  by : maya kitchen 


Bahannya : 

75 gram tepung terigu ( aku pake all porpuse / serba guna ) 
15 gram tepung maizena 
10 gran susu bubuk ( aku pake 13 gram krn tinggal segitu ) 
125 gram margarine / butter , cairkan ( aku pake butter aja ) 
6 butir telur 
20 ml susu cair 
1 sdm sp ( aku pake tbm ) 
100 gram gula putih 
1/2 sdt vanilli 
1 / 2 sdm pasta pandan 
1/2 sdm pasta coklat 

Cara membuatnya : 

1. Siapkan loyang uk . 30*30* 3 ( gw pake uk. 22* 15 * 2 yang ada uk, ini ) olesi dengan margarine kmdb alasi dengan kertas roti , dan kertas roti nya diolesi lagi dengan margarine , sisihkan . 

2. Kocok / mixer telur dan gula dengan speed tinggi ( aku pake speed 10 ) kmdn masukkan sp/ tbm kocok lagi sampai mengembang dan kental . 
3. Turunkan mixer pada speed terendah ( aku pake speed 2 ) kmdn masukkan tepung terigu , maizena dan susu bubuk ( aku tepung, maizena dan susu bubuk aku campur dulu ) , kocok sebentar sekitar 2 menit lalu masukkan susu cair pada saat memasukkan susu cair , speed mixer hrs di naikkan pada speed yang tertinggi . Kocok / mixer sampai adonan kental berjejak , setelah itu matikan mixer . 
4. Masukkan butter cair kedlm adonan , aduk balik dengan spatula ( aku memasukkan butter nya sedikit2 biar cairan butter tercampur rata ) . 
5. Setelah tercampur rata adonan dibagi 2 ( aku dapat sekitar 1000 gram ) jadi tinggal aku bagi 2 menjadi 500  gram setiap adonan , kemudian adonan yang telah dibagi dua aku beri pewarna ( pasta ) satu adonan kuberi pasta pandan dan satu nya lagi pasta coklat . Sisihkan . 
6. Ambil loyang lalu ambil 3 sendok sayur adonan hijau tuang ke dalam loyang dalam satu titik bagian lalu adonan coklat , begitu seterusnya sampai adonan habis ( aku cuman bikin 3 bagian / 3 titik saja) . Maksudnya satu garis hijau lalu coklat seperti itu deh . 
7. Kemudian panggang adonan dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 200 celcius / 395 F selama 15 menit ( tergantung oven masing2 nya ) . 
8. Setelah itu keluarkan dari oven, angkat dan dinginkan . ( lepas dr kertas roti nya ) 
9 . Setelah dingin beri buttercream atau filling apapun, ratakan filling nya baru kemudian gulung kue dengan kertas roti yang tadi , gulung perlahan sampai kue menjadi gulungan kmdn diamkan sampai adonan melekat, baru deh potong2 dan bolu gulung pandan coklat siap di sajikan .


fillingnya :  

Buttercream 

50 gram mentega putih
25 gram margarine 
35 gram gula halus / icing sugar 
3 sdm susu kental manis 
3-5 sdm heavy whipping cream 

Caranya : campur semua bahan lalu kocok sampai adonan buttercream berwarna putih , jika sdh putih matikan mixer , buttercream siap di sajikan tuk olesan kue . 



Selamat mencoba. 



Nah spt ini kue bolgu stlh diangkat dr oven 
Ini menggulungnya ...
...
Yummy .... 

No comments:

Post a Comment