Sunday, November 2, 2014

Resep Mochi ala maya kitchen

Ternyata hari ini sdh minggu lagi padahal baru kemarin minggu , hidup dan waktu itu trs saja berjalan dgn cepat nya . Karna hari minggu , kebiasaan gw adalah membuat cemilan buat bekal anak sekolah bsk , kali ini gw lagi kangen ama yang namanya mochi, mochi ini merupakan makanan khas kota Sukabumi ,rasa nya eunak dan kenyal 2 gitu apalagi dengan isian kacang sangrai manis makin sedaap dan nikmat bgt makannya , gw kenal makanan ini waktu teman kuliah gw dulu  bw kebetulan dia orang Sukabumi, pas gw dikasih tuh makanan sebenarnya rada tdk tertarik karna ada tepung2 tapioka gitu serasa kue yang dibedaki dan mentah , aneh aja liat penampakannya tp teman gw tuh maksa buat nyobain tuh makanan dan ngejelasin bhw itu makanan khas orang Sukabumi dan rasa nya eunak , akhirnya gw nyomot satu jg eh ternyata emang eunak krn perpaduan tepung ketan , kacang manis dan sdkt tepung yang membedaki kue itu mulai dari situ deh gw jadi demen ama nie mochi dan berusaha tahu gimana cara pembuatannya . Akhirny hari ini gw baru tahu cara nya ternyata gampang jg bikinnya nggak perlu susah dan ribet , oh iya ternyata makanan ini jg ada di negara Jepang dan Korea hebat jg nya orang Indonesia bisa menciptakan suatu makanan yang sama dengan negara lain , hanya kl di Indonesia bentuk mochinya mungil2 nah kl di kedua negara ini gede2 . Yuk deh qta mulai saj bikinnya . Gw dapat info nya dr berbagai sumber di mbah google . 


Mochi ala maya kitchen 
Bahanya: 

Tuk kulit nya : 

1 cup sweet rice flour 
3/4 air , air nya beri perwarna makanan 
1/2 sdt pewarna makanan ( gw pake pink ) 
1 sdm gula pasir 
1/4 sdt garam 


Untuk isian 

 200 gram kacang tanah kupas , sangrai 
3 sdm corn syrup 
3 sdm gula pasir 
2-3 sdm air 

Caranya :     Blender kacang ( jgn terlalu halus bgt nya ada sdkt kasar2nya ) campur dengan corn syrup , gula pasir dan air aduk rata , lalu pulung adonan kacang menjadi bulatan2 . Sisih kan . 




Caranya : 

1 . Campur sweet rice flour dengan garam , gula  didalam bowl kemudian  tuang air yang sdh diberi pewarna aduk dengan sendok nasi agar tercampur rata . 
2. Kemudian tutup bowl yang berisi adonan dengan plastik wrap lalu panaskan dalam microwave selama 3 minutes ( waktu menutup bowl dengan plastik beri sedikit udara jd jangan ditutup rapat semua agar ada udara yang keluar ) . 
3. Keluarkan bowl dr microwave aduk 2 adonan selama 20 detik dan terlihat adonan sdh kenyal lalu masukkan kembali adonan kedlm microwave selama 1 minutes .
4. Setelah itu keluarkan bowl lalu aduk kembali adonan selama 100 detik sampai adonan benar2 kenyal dan mengkilap . 
5. Kemudian beri meja kerja dengan 1/4 taburan potato strach lalu ambil adonan mochi yang tadi sfh diaduk selama 100 detik , bolak balik adonan supaya terlapisi oleh tepung kmdn bagi adonan menjadi 12 potong atau lbh ( terserah anda saja mau menjadi brp bagian ) kmdn tutup adonan dengan plastik wrap agar adonan tdk kering .
6. Ambil satu potong adonan kmdn beri isian kacang yang sudah dibulatkan kemudian bentuk mochi seperti bola , bulat , mochi siap tuk disajikan . Lakukkan sampai isian hbs dan adonan jg hbs. 




Gampang kan ...selamat mencoba 


Eng ing eng ini dia Mochi Pink ala maya kitchen ... Terbayar sdh rasa kangenku terhadap cemilan ini .. 

No comments:

Post a Comment