Saturday, November 1, 2014

Resep Sambel Goreng Kentang Udang ala maya kitchen

Hari ini gw mau menyelesaikan pr 2 dalam blog ku yang terbengkalai karna rasa males yang melanda tuk menulis padahal resep resep sudah menumpuk dan akhirnya banyak yang lupa aku tulis , ya terpaksa aku harus mencoba kembali setiap resep yang aku baca sambil menkonversi semua bahan , tapi tidak apa2 sering2 blajar akhirnya akan banyak ilmu yang didapat dan aku bisa mengkombinasikan segala bahan dengan resep yang aku dapat , kadang aku suka mencipta resep asal setelah aku makan di sebuah resto , aku tuh  senang banget kl sudah berkutat di dapur karna bisa melampiaskan keinginan aku tuk membuat suatu masakan tuk keluarga kecilku , ada rasa kebahagian tersendiri walau aku cuman seorang ibu rumah tangga tapi aku bangga karna selama hidup bisa membaktikkan hidupku tuk keluarga kecilku ...ceile kok jadi curhatnya padahal gw mau nulis resep ......hihihihihi . Kali ini aku mau nulis resep masakan sambel goreng  udang tanpa santan, kebetulan suamiku tdk terlalu suka dengan masakan yang bersantan kadang2 saja dia mau makan, kalau gw tipe semua suka deh .....hihihihi . Yuk ah qta mulai aja . 


Sambel goreng kentang udang tanpa santan 
By : maya kitchen 

250 gram kentang , potong kotak dadu , goreng , sisihkan 
300 gram udang , kupas sisakan buntut nya , ( udang uk, sedang aja ) 
200 gram kerupuk kulit ( krecek , kmrn pas pulkam bw nie kerupuk kulit ) , goreng , sisih kan 
500 ml air 
1 ibu jari lengkuas , geprek 
1 batang serai , geprek 
1 sdm gula merah 
3 lembar daun jeruk 
3-4 buah cabe merah , buang bijinya ( aku pake ukuran besar ), uleg halus atau blender  
6 siung bawang merah , iris halus 
7 siung bawang putih. Iris halus  
Garam  secukupnya 
3-4 buah cabe rawit , utuh 
2 lembar daun salam 

Caranya : 

Panaskan wajan beri 3-4 sdm minyak goreng lalu tumis bawang merah, bawang putih sampai wangi dan layu , lalu masukkan cabe merah halus yang sdh diuleg / blender aduk rata beri lengkuas sereh, daun jeruk dan daun salam lalu masukkan udang masak sampai udang berubah warna , setelah itu masukkan air dan bumbu lain ( garam , gula merah ) aduk kembali setelah itu cicipi rasa jika sudah pas masukkan kentang dan krecek aduk sampai rata dan masak sampai bumbu meresap dan air menyusut dengan api sedang saja  setelah air sdh menyusut baru angkat dan sajikan . 



Nah ini hasil nya ... Hmhmhm sedaaap 

No comments:

Post a Comment