Friday, November 21, 2014

Resep Bala bala ( Bakwan Sayur ) ala maya kitchen

Di hari jumaat penuh barokah ini , gw pingin banget makan bala2 alias bakwan sayur , kl di Jawa Barat disebut dengan bakwan sayur tapi ada jg yang nyebut bakwan sayuran ternyata byk bgt nya istilah nie bakwan disetiap daerah pasti ada aja namanya , walau byk istilah makanan ini merupakan jajanan semua kalangan dari anak2, bapak2 , ibu2 , om dan tante pasti suka nie ama cemilan yang ringan ini dan yang penting harganya tdk mahal dan gampang dibuat yang jelas ibu2 pasti nya bisa membuat cemilan ini , aku suka sama nie cemilan karna udh byk sayuran dan ini bisa jadi solusi buat anak2 ku yang susah bgt disuruh makan sayur jadi untuk membuat mereka makan sayuran , aku suka bikin ini bakwan kadang aku ganti sama bayam , kangkung atau apapun deh yang penting ada sayuran nya. Anak 2 tuh susah bgt kl dimakanan nya ada sayuran langsung deh disisihkan pdhl kl lg bayi dan balita mereka lahap bgt makan tuh sayuran ( mungkin krn ada pilihan lg kalinya dan merupakan pemaksaan dr emaknya buat dijejelin sayuran ...hihihi ) untung nya kl sama buah nggak anti pati deh tuh anak . Maaf jadi ngelantur , yuk kembali lg ke masalah bala2 alias bakwan sayur kali ini aku bikin bala2 nya crunchy karna kl garing , renyah so pasti disukai bgt sama anak2 , biasanya  gw bikin ini bakwan ilmu cemplang cemplung aja tapi berhubung gw tulis di blog ini jadi gw pake takaran deh biar gampang kl ada buibu atau teman2 yang ingin mencoba ( mnrt gw resep ini enak , krn didapat bala2 yang renyah tapi msh lembut didalamnya ) lbh makyus dimakan pake cabe yang diuleg trs dikasih kacang tanah sdkt aja banjur air hangat ini bakal sedaaap bgt deh ( jadi inget zaman dulu ngumpul sama ibu2 TK Firdaus bandung ) .yuk qta mulai aja takut malah jd ngalor ngidul ceritanya . 


Bala bala / bakwan sayur ala maya kitchen 
By : maya kitchen 

Bahannya : 

200 gram tepung ( aku pake 100 gram tepung terigu serba guna / all porpuse dan 100 gram tepung beras , intinya takarannya terigu dan tepung beras 1:1 ) 
1 butir telur uk, besar 
1/4 kol , iris halus 
2 buah wortel , iris halus 
Segenggam toge ( aku pake sdkt biar pas digoreng tuh bakwan nggak item krn toge bikin gorengan hitam krn cpt matang ) 
2 batang daun bawang , iris halus 
150 -200 ml air 

Bumbu yang dihaluskan : 

3 butir kemiri 
5 siung bawang putih 
1 siung bawang merah 
 Garam secukupnya . 


Caranya : 

1.  Campur terigu, garam dan telur aduk rata kemudian masukkan air aduk sampai adonan licin . ( pemakaian air dikira2 aja jika adonan sdh kental dan tdk encer hentikan pemakaian air ) 
2. Kemudian masukkan bumbu halus aduk rata baru kemudian masukkan sayuran aduk sampai tercampur dan terbalut tepung sayurannya . 
3. Panaskan wajan beri minyak goreng secukupnya lalu goreng adonan 1 sdm makan , goreng sampai kuning kecoklatan , lakukan sampai adonan habis . ( aku tadi gorengnya sdkt rada aku tipiskan biar tdk terlalu menggumpal ditengah adonannya , bhs nya apa nya rada sdkt mudeng nie 😀😀) , angkat dan sajikan bala bala / bakwan sayur ini dengan saos kacang atau dengan cabe rawit utuh . 


Sambel kacang ala maya kitchen 

 3 buah cabe rawit merah 
1 sdm kacang tanah 
Air hangat secukupnya 

===== uleg semua bahan sambel ( kecuali air nya , hihi) baru beri dengan air hangat , pokoknya sambelnya itu rada cair deh jadi tinggal dicocol bala2 ke sambel ini. 


Selamat mencoba . 

Ini bala 2 atau bakwan sayur plus sambal kacang ( sambal nya sisa bikin siomay ) tp sedaaap tinggal kasih saos sambel dan kecaap ..makyuus 
Aneka gorengan ala maya kitchen 
Tahu pletok / aci , cireng dan bakwan sayur 

No comments:

Post a Comment