Tuesday, April 21, 2015

Resep Bubur SumSum ala maya kitchen

Kali ini aku mau posting tentang bubur sumsum , ini merupakan makanan kesukaan suami . Bubur sumsum ini memang legit dan lembut cocok buat yang lagi sakit maag atau yang lagi ada masalah dengan pencernaan atau apapun. Sering banget liat bubur sumsum ini klau saat2 ramadhan kadang dicampur dengan pisang, candil ataupun pacar cina dan semuanya lezat. Sebenarnya bikin bubur sumsum ini males2 an karna tdk pernah didapat hasil yang sempurna seperti buatan nyokap aku jadi ky kena kutukan setiap nyontek dari beberapa milis selalu gagal kalau nggak keras pasti  aneh rasanya akhirnya males deh tiap mau bikin nie masakan. Tapi pagi tadi ada niatan lg buat menncoba bikin nie masakan karna mau nengok teman yang lagi sakit dan aku coba2 cari resep yang bener2 paten rasa dan kelembutan and tdk gatot lagi , akhirnya pilihan jatuh pada resep nya NCC dan ternyata cocok dan sesuai dengan yang aku bayangkan dan menurut aku nie rasa nya legit karna santan dan wangi daun pandan serta banjuran sirup gula merah nya , nikmat banget deh rasa nya . Semoga temanku jg menyukai bubur sumsum ini . Akhirnya kutukan dr kegagalan bubur sumsum punah saja dan aku bisa bikin lagi tuk kapan2 . Lain kali aku mau bikin dari yang daun suji dan daun pandan yang berwarna hijau biar sedikit variasi atau kaya yang di abang2 tea ...yuk deh qta intip resepnya tapi resep ini aku modif sesuai selera aku . 



Bubur sumsum ala maya kitchen 
Sumber : NCC 
Di praktekan dan di modif by : maya kitchen 


Bahannya : 

100 gram tepung beras 
200 - 250 ml santan kental 
600- 800 ml air 
1 lembar daun pandan 
1/2 sdt garam 


Bahan gulanya / saus gula merah : 

250 gram gula merah 
100-250 ml air 
1 lembar daun pandan 


Cara membuatnya : 

  1. Bubur : Campur semua bahaan jadi satu, aduk hingga licin benar supaya nanti tidak menggumpal ketika dimasak.( aku tadi disaring biar didapat hasil yang maksimal halus buburnya ) 
  2. Masak di atas api sedang sambil diaduk hingga mendidih dan meletup-letup, angkat.
  3. Kinca: Campur semua bahan menjadi satu, masak hingga gula larut. Angkat dan saring.
  4. Sajikan bubur sumsum dengan kinca gula merah 

Selamat mencoba 

Hasil karyaku hari ini bubur sumsum .. Yummy sedaaap bgt 

No comments:

Post a Comment