Thursday, April 2, 2015

Resep Ayam Betutu ala maya kitchen

Pengajian minggu lalu bu Ria bawa menu ayam betutu dan mnrt saya ayam betutu nya  enak meresap semua bumbunya , makanya pas waktu kapan Ria kasih resep langsung aja saya simpan karna mau coba bikin , karna versi yang ini ayam betutu nya tidak perlu memasukkan daun singkong kedalam badan ayam jadi simple tapi enak dan rasa betutu nya pas banget . Makasih banget nya Ria atas resep nya semoga makin bertambah ilmu2 nya . Ayam betutu ini enak disantap dengan nasi hangat dan sambal , waktu kapan saya pernah dikasih resep sambal matah dari mba Ade tapi trs ilang ntah kemana pdhl belum di uji coba di dapur saya , resep asli  dari orang bali , kapan2 kalau ketemu mba Ade pasti saya bakal minta lagi resep sambal matah nya , sambel nya enak bgt deh dan pedas nya itu pas bgt ke lidah bikin pingin nambah lagi nasinya ...hihihi . Maaf jadi melantur kemana2 okay deh qta kembali lagi ke lap top ( serasa tukul arwana aja ..😃😃) yuk qta intip resep dari bu Ria  yang sudah saya pratekkan didapur maya kitchen . Siapa tahu ada buibu atau teman2 yang pingin coba membuat ...


Ayam betutu ala maya kitchen 
Sumber : Ria Bimo 
Disandur dan dipratekkan : by maya kitchen 


Bahannya : 

1 ekor ayam boleh utuh atau dipotong 2 ( kebetulan sy punya nya sayap ayam ) 
5 daun jeruk 
3 batang serai , iris halus 
3 sdm minyak goreng 

Bumbu yang dihaluskan : 

6 buah cabe merah besar ( boleh lbh kl suka pedas ) 
18 buah bawang merah
6 siung bawang putih 
6 butir kemiri ( bisa diganti dgn creamer kopi 3 sdm ) 
1 sdt Ketumbar 
1/2 sdt merica 
2 sdt garam 
2 sdt terasi 
3 buah kencur 
1 sdt kunyit bubuk atau 1 ibu jari kunyit fresh 
200 ml santan kental 
5 buah cabe rawit 


Carbut : 

1. Bersihkan ayam , lalu panggang 1/2 matang , sisihkan . 
2. Tumis bumbu halus dengan minyak goreng , beri daun jeruk , irisan sereh , aduk2 masak sekitar 5 mnt sampai bumbu wangi / harum . 
3. Setrlah masukkan santan kental masak sampai santan agak kental ( kl sy td sdkt berminyak ) . 
4 . Baru masukkan ayam dan masak sampai bumbu kering dan meresap kedalam ayam ( saya tadi pake api kecil agar bumbu meresap setelah itu baru saya besarkan api dan masak sampai bumbu kering ) , matikan kompor . 
5. Terakhir ratakan bumbu pada ayam lalu panggang dalam oven , alasi dengan daun ( sy tadi pake pyrex yang bawahnya dialasi daun lalu saya susun ayam beserta bumbu kmdn saya panggang setengah matang lagi setelah itu baru saya tutup lagi  atas nya pake daun lagi kmdn saya panggang kembali sampai coklat ) . Angkat . 


Selamat mencoba . 


Ayam betutu dalam proses .. 
Ayam betutu siap di panggang 

No comments:

Post a Comment