Monday, April 13, 2015

Resep Kue pepe / kue lapis ala maya kitchen

Hari senin ini tanggal 13 april 2015 , gw lagi kangen banget sama kue lapis atau kue pepe mnrt orang betawi sebutannya , kue ini favorit banget karna kenyal2 dan makan nya selapis selapis pake teh hangat wah sedap banget deh , waktu kapan hari jg pernah bikin yang versi campuran terigu nah kali jni gw bikin yang pake tepung beras dan pake tambahan kapur sirih dan rasa kue nya benar2 pas ama yang gw kangenin dan sama persis kaya ditoko kue label atau kue primasa di bandung ternyata kalau pake tepung beras dan kapur sirih kue bener2 kenyal banget beda kl qta pake terigu karna kue jadi kokoh banget, dan rasa kue ini jauh lbh nyantan bgt deh , kl teman2 mau bikin pake resep ini lbh okay deh . Bikin kue ini mudah dan tidak memerlukan pengocokan hanya perlu kesabaran karna memasaknya harus selapis2 tapi rasa puas bener2 didapat walau harus sabar dalam pelapisan ..hihihihi . Yuk qta mulai aja intip resep nya dan mulai pratekkan . Sebenarnya byk resep kue ini bertebaran di dunia maya tapi gw lbh afdol pake resep yang ini , makasih nya mba Iis Susilawati resep dan trik nya . 


Kue Pepe / kue lapis ala maya kitchen 
Sumber : mba Iis Susilawati 
Dipraktekkan kembali by : Maya kitchen 


Bahannya : 

265 gram tepung tapioka/ tepung kanji tani 
50 gram tepung beras 
300 gram gula pasir/ putih 
1/2 sdt garam
1 sdm air kapur sirih 
2 sdt vanili essence 
900 ml santan kental ( aku tadi 700 santan instan ditambah air 200 ml ) 
Pasta pandan dan pewarna hijau 


Cara buatnya : 

1. Ambil bowl besar lalu campur tepung tapioka, tepung beras , vanili ,garam, air kapur sirih menjadi satu setelah itu masukkan santan kental sedikit2 aduk lakukan sampai santan habis dan  diaduk trs sampai adonan licin dan tidak bergerindil ( kl perlu saring saja biar didapat adonan yang licin dan mulus). 
2. Setelah didapat adonan yang licin bagi adonan menjadi 2 bagian ( td aku timbang dan seluruh adonan sekitar 1400 jadi tadi aku bagi menjadi 700 gram tiap adonan ) lalu satu adonan aku beri pasta pandan secukupnya dan pewarna hijau secukupnya , satu adonan laiin nya aku biarkan putih . 
3. Panaskan panci atau dangdang sampai terkumpul uap banyak , ambil  loyang persegi ( tadi aku pake pyrex aja ) olesi loyang / pyrex dengan minyak goreng lalu masukkan kedalam panci yang sudah dipanaskan . 
4. Kemudian masukkan adonan putih sekitar 2 -3 sdm sayur lalu kukus sekitar 5 menit setelah itu lapisi kembali dengan adonan hijau diatas nya kukus kembali selama 5 menit , lakukan terus sampai adonan habis, terakhir kukus sekitar 30 menit , matikan kompor , angkat dan biarkan kue pepe menjadi dingin.
Setelah dingin baru potong2 sesuai selera ( pisau lapisi dengan plastik biar nggak lengket) . Kue pepe / lapis siap dinikmati dan disajikan bersama teh hangat sebagai teman minum teh sore hari. 


Selamat mencoba . 



Hasil karyaku hari ini ...hmhm yummy 

1 comment:

  1. Terimakasih Artikel Resep Kue pepe / kue lapis ala maya kitchen nya bagus dan membantu sekali, semoga sukses selalu yaa .. Aamiin
    Salam Resep Kue Kering

    ReplyDelete