Monday, April 20, 2015

Resep membuat Combro renyah ala maya kitchen

UHari ini ada acara penutupan arisan dan sekalian. Ibu kartinian , kali ini sy cuman bikin Pie susu, bolu gulung coklat putih telur dan comro , comro merupakan cemilan khas jawa barat dimana didalam nya qta isi dengan oncom yg sudah dibumbui dan ditumis , comro ini merupakan salah satu kuliner negeri qta tercinta. Kebetulan sy punya oncom yg dibawa waktu pulkam jadi tuh comro saya isi sama oncom , baru deh nemuin rasa asli  comro biasanya cuman diisi tempe sekarang ada kemajuan ....hihihihi. Menurut saya comro ini sangat enak , renyah diluar tapi empuk didalam nya jd nggak perlu otot2 gigi bekerja keras tuk ngunyah nie cemilan dan comro ini tahan renyah nya ampe bsk cuman satu bikin nie comro ada kesabaran yg diuji krn goreng nya pake api sedang / kecil agar tingkat kematangan nya ampe dalam tapi comro tdk gosong , oh iya nanti pas bikin adonannya nggak usah kaget kalau encer tapi adonan tetap bisa dipulung kok dan nggak bikin hancur pd saat digoreng. Cara menggoreng nya jika kulit yg bagian bawah terendam minyak dan sudah kuning baru di balikkan agar comro tetap kokoh . Yuk deh qta mulai aja resep nya . 



Comro isi oncom ala maya kitchen 
By : maya kitchen 

Bahaanya : 

1 bungkus singkong parut ( kurleb 500 gram deh ) 
1/2 sdm  ketumbar bubuk 
Garam secukupnya 
1/2 potong kentang uk. Sedang , parut 
2 batang daun bawang , iris halus 
40 gram kelapa parut kering ( 2 1/2 sdm ) 


Isian : 
 
1/2 potong oncom   Haluskan 
1 sdm gula merah 
2 batang daun bawang iris halus 
Daun kemangi secukupnya 
25- 50 ml air 

Bumbu yg dihaluskan 
5 siung bawang merah 
5 siung bawang putih 
3 buah kencur 
Garam secukupnya 


Cara membuat Isian : 
Panaskan wajan beri minyak sedikit lalu tumis bumbu halus sampai wangi lalu masukkan oncom yg sudah di haluskan aduk rata , beri air sekitar 25- 50 ml , masukkan daun kemangi dan daun bawang aduk sampai daun kemangi dan daun bawang layu masak sampai air tdk tersisa , test rasa , matikan kompor , angkat dan sisihkan . 

Adonan singkongnya : 

1. Peras sekitar 160 gram singkong parut dengan saringan santan sampai tdk ada air nya lalu campur singkong yang sudah diperas dengan air 200 ml aduk rata , sisihkan . 
2. Ambil sisa adonan singkong yg tidak diperas lalu campur dengan parutan kentang, ketumbar , garam dan irisan daun bawang aduk rata kmdn campur dengan adonan singkong yg td di campur dengan air ( adonan pertama ) aduk rata . ( adonan akan terasa cair ) 
3. Ambil 1 sdm munjung adonan lalu pipihkan kmdn beri isian kmdn bentuk lonjong jgn sampai isian keluar nya pokoknya harus tertutup adonan . Lakukan sampai adonan habis . 
4. Panaskan wajan beri minyak banyak agar comro terendam minyak , pergunakan api kecil / sedang masukkan comro ( jgn dibalik2 ) masak sampai comro terlihat kokoh baru comro dibalikkan dan masak sampai kuning keemasan , angkat dan comro siap tuk dinikmati sebagai cemilan sore hari . 


Selamat mencoba . 



Ini foto nya buru2 karna udah mau Arisan... Yummy deh 

No comments:

Post a Comment