Thursday, April 30, 2015

Resep Puyo Lava ala maya kitchen

Hallo semua ...udah lama nie nggak tulas tulis di blog ini , kangen jg .kali ini saya mau kasih resep yang katanya lagi booming tapi saya jg tidak tahu apa memang lagi booming atau nggak, hanya saya pingin coba aja sama nie resep karna diliat dari pembuatannya gampang dan seperti nya kalau liat dari fotonya puding jelly ini super lembut karna pemakaian susu yang superduper byk ( mnrt saya sih ) . Ternyata setelah saya coba eksekusi wow bener2 lembut membelai lidah dan tidak terasa jelly nya yang terasa adalah sensasi kelembutan puding jelly ini yang bercampur dengan vla nya , muantap tenan deh , pokoknya sangat memajakan lidah deh , apalagi gradeasi warna puding yang memikat hati ( serasa orang pacaran ya ..hihihihi). Ya udah deh nggak usah panjang2 ceritanya so pasti teman2 semua udah pingin coba bikin deh ( gr dot com ..hihihi ) saya dapat resepnya dari teman di FB mba Emma deh kl tdk salah , makasih nya mba atas share ilmu nya semoga ilmu mba makin bertambah banyak ...aamiin . Di dalam resep mba memakai vla yang instan berhub saya males nyari vla tsb akhirnya saya bikin dan memakai vla ala kfc  wanabee ..nama puding ini Poyo Lava jadi setiap qta makan nie puding vla nya meleleh  seperti cake coklat lava 


Puyo Lava ala maya kitchen  
Sumber : mba Emma
Di kutip dan praktek by : maya kitchen 


Bahaaannya : 

8-10 gram nutrijell ( boleh yang plan atau yang aneka rasa ) 
1100 ml susu cair ( uht ) atau bisa jg 1/2 UHT dan 1/2 susu kedelai 
110 gram gula putih 
2 sdm maizena 
Beberapa gelas puding 
Pewarna makanan sesuai selera , jika menggunakan jelly plan 
Essen perasa , jika menggunakan jelly plan

Vla : kl mba emma pake 1 bungkus vla instan ( myfla, keluaran nutrijel , kentalkan dengan 250 ml air panas ) 


Cara membuat Puyo Lava 

1.campur maizena dan nutrijell kedalam panci , aduk spy tercampur rata antara jelly dan maizena gunakan spatula , kemudian tuang susu sebagian sedikit aduk rata sampai tidak bergerindil pokoknya licin . ( kl perlu saring ) 
2. Setelah adonan licin masukkan sisa susu aduk rata dan masukkan jg gula aduk rata kembali . 
3. Masak adonan diatas api sedang aduk2 jangan sampai gosong bawahnya dan pecah ,  masak sampai mendidih , matikan kompor . 
4.jika menggunakan jelly plan masukkan essen dan pewarna makanan ( sy bagi dua cairan jelly tsb kmdn saya beri rasa mellon dan pewarna makanan ) . 
5 ambil gelas plastik puding kemudian masukkan sekitar 3 sdm sayur cairan jelly warna hijau masukkan ledlm frezzer sekitar 2-5 mnt sampai puding ini berselaput   Setelah itu  beri vla diatas kmdn tutup kembali dengan 3 sdm sayur dengan warna pink biarkan dingin .setelah dingin masukkan kedlm lemari pendingin. ( puding ini jgn di cetak dlm cetakan yang besar krn sifat puding ini tidak kokoh jadi hrs dimasukkan kedlm gelas2 plastik kecil krn dimakan nya hrs disendoki sangking lembutnya ) . 
Puding puyo lava siap tuk dinikmati . 


Selamat mencoba . 



Notenya : pada saat menunggu puding yang pertama berkulit ,  cairan jelly  yang lain dapat dipanaskan diatas api kecil agar tetap cair . 


Ini dia Puyo Lava ala maya kitchen 

No comments:

Post a Comment