Wednesday, April 15, 2015

Resep Cake ONTBIJTKOEK ala maya kitchen

Kali ini sy lagi pingin coba bikin cake yang jadul kenapa sy bilang jadul karna cake ini ada pada zaman belanda dimana cake ini cocok buat minum teh sore hari biasa nya kue ini disukai sama para ibu2 zaman dulu dan rasa kue ini benar2 rasa rempah karna bumbu spekuk  yang mengandung byk rempah .ternyata pas sy bikin jadi teringat waktu zaman SD or SMP  di Jakarta ,  saya pernah bikin bareng sama sahabatku ( Vega ) dan waktu itu bikin pake oven listrik keren kan udah pake oven listrik dan pada saat bikin kue ini saya lupa buat acara apa gitu dan kue nya berhasil dengan sukses yang mengingat kan saya sama kue ini adalah wangi rempah2 nya . Kue ini moist dan tidak terlalu seret di makan nya , enak deh kalau buat nemenin minum kopi atau teh hangat , dan manis nya jg pas apalagi ditambah taburan kacang almond dan walnut jadi enak ada krenyes2 nya ...resep nya saya ambil dari bunda Rieke ( makasih nya mba udh share resep ) nie kl ada yang kangen sama nie kue monggo liat nie resep nya ...




ONTBIJTKOEK ala maya kitchen 
Sumber : mba Rieke 
Di kutip by : maya kitchen 


Bahannya : 
5 butir telur
1 sdt cake emulsifier (optional)
100 gram gula aren bubuk/gula semut ( sy td pake gula merah bubuk / palm sugar ) 
50 gram gula pasir
100 gram tepung terigu protein sedang (all purpose flour)
25 gram maizena
20 gram susu bubuk
2 sdt bumbu spekoek (peres/rata)
75 gram margarin/butter, lelehkan
Almond slice/kenari untuk taburan

Cara membuat:
1. Kocok telur, gula aren bubuk, gula pasir dan cake emulsifier hingga mengembang, kental dan berjejak. Masukkan campuran tepung terigu, maizena, susu bubuk dan bumbu spekoek yang sudah diayak secara bertahap. Aduk rata.
2. Masukkan margarin/butter leleh. Aduk balik hingga merata.
3. Tuang ke loyang loaf ukuran 26x11x8 cm (saya pakai 2 buah loyang brownies ukuran 10x30x4 cm) yang sudah dialas kertas roti dan dioles margarin. Taburi almond/kenari.( sy td pake loyang kotak ) 
4. Panggang dalam oven suhu 180'C ( sy pake 350  F selama 20 mnt ) hingga matang. Test sentuh dan test tusuk. Angkat dan segera keluarkan dari loyang. Dinginkan.

Note:
- Gula aren bubuk/gula semut bisa diganti dengan palm suiker/gula palem yang dijual di pasaran. Tapi sekedar info, palm suiker yang dijual di pasaran adalah gula campuran gula aren dan gula pasir, jadi tidak 100% gula aren. Sedangkan gula aren bubuk/gula semut 100% gula aren.
- Test sentuh permukaan cake ketika merasa cake sudah matang (selain test tusuk), jika permukaan disentuh sudah tidak kempes/lembek berarti cake sudah kokoh untuk dikeluarkan dari oven.
- Selain almond/kenari, bisa juga ditaburi wijen, kismis, chocolate chips, dsb.

Selamat mencoba :)



Ini hasil karyaku hari ini ONTBIJTKOEK 


Yummy deh dan lembut setiap gigitannya ...

No comments:

Post a Comment