Sunday, April 12, 2015

Resep Mie Ayam ala maya kitchen

Selama dua hari di Soldotna rasanya pingin banget yang namanya makan mie ayam abang2 tapi apa daya tangan tak sampai karna tdk ada yang jualan tuh mie ayam yang ada kentang goreng plus ayam goreng ...disini rasa nya saya merasa sedih ..hihihihi. Bayangin aja selama nunggu anak perlombaan selama itu jg suasana Soldotna di hujani snow yang super dasyat and dingin nya banget2 deh karna kelamaan nunggu di area  ice skate , makanya selama nonton yang terbayang mie ayam plus kuah bakso yang hangat ...so pasti yummy bgt . Berhubung rasa kepingin yang super dasyat seperti snow yang mengguyur selama perjalanan akhirnya sesampai di Anchorage langsung ke toko grocery buat beli perlengkapan membuat mie ayam yang terbayang2 sepanjang masa di Soldotna ..hiihihi lebay dot com bgt deh ..akhirnya nya tercapai sudah rasa kepingin mie ayam , walau masih cape tetap terjun ke area dapur tuk memenuhi hasrat mie ayam , rasa mie ayam nya sedaaap banget deh mnrt saya sih tapi beneran eunak bgt jadi kalau yang mau coba boleh deh intip nie resep siapa tahu ada yang lagi kepingin kaya saya ....yuk qta Mulai aja acara memasak nya . 



Mie ayam ala maya kitchen 
Sumber : by maya kitchen 

Bahan mie ayam : 

1 bungkus mie telur , rebus sekitar 5 menit , tiriskan beri minyak trs sisihkan . 
3 batang daun bawang iris halus 
2 batang daun seledri , iris halus 
Bawang goreng 
Minyak bawang 
Saos tomat 
Saos sambal
Merica bubuk 
Garam secukupnya 
Kecap manis secukupnya 
Tumisan ayam 
10- 15 buah bakso 

Bahan kuah : 

1 kg ayam paha , cuci bersih lalu beri perasanair jeruk lemon diamkan sekitar 5 menit, cuci bersih setelah di rendam jeruk lemon , sambil  menunggu ayam di rendam perasan jeruk , panaskan air dalam panci sekitar 1 liter lalu rebus sampai mendidih setelah mendidih baru masukkan ayam, jahe geprek sekitar 1 ibu jari dan 6 siung bawang putih geprek , garam dan merica serta gunakan api kecil biar kuah terasa sedaap , masak ayam sampai matang setelah itu angkat ayam lalu potong dadu atau suwir2 dan sisihkan . Kemudian masukkan bakso masak sebentar kuah agar bakso matang matikan api dan sisihkan . 



Bahan tumisan ayam 
Bumbu halusnya :

2 cm kunyit 
1 sdt merica 
1 sdt ketumbar 
2 butir kemiri  
Garam secukupnya 
Gula putih secukupnya 
Laos sekitar 1 ibu jari 
1 ibu jari jahe 
Kecap manis sedikit 
7 siung bawang merah 
7 siung bawang putih 
100 ml air kaldu kuah bakso 
5 lembar daun jeruk 
1 batang serai , memarkan 
Chicken powder ( optional ) 
2 batang daun bawang iris halus 


Caranya : 

Panaskan wajan beri minyak secukupnya lalu tumis bumbu halus , daun jeruk dan serai masak sampai bumbu harum setelah itu masukkan ayam yang tadi sudah disuwir/ dipotong dadu aduk rata lalu beri air kaldu aduk kembali , terakhir beri garam ,gula  , kecap sedikit dan  kaldu bubuk aduk rata cicipi rasa setelah rasa sudah pas masukkan irisan daun bawang masak sebentar lalu matikan kompor, angkat tumisan ayam dan sisihkan . 

Minyak bawang 

Bahannya : 

200 ml minyak goreng 
10 siung bawang putih , cincang halus 

Caranya : 
Panaskan wajan kmdn masukkan minyak biarkan minyak panas baru masukkan cincangan bawang putih , masak sampai bawang berubah warna menjadi kuning kecoklatan dan harun  lalu angkat simpan minyak bawang dalam botol kaca . 


Penyajiannya : 

Ambil mangkok lalu beri 1-2 sdm minyak bawang , 1 sdm kecap manis , merica bubuk secukupnya , saos sambal 2 sdm dan 1 sdm saos tomat baru kemudian ambil segenggam mie telur yang sudah di masak tadi, aduk dengan sumpit sampai tercampur rata lalu beri sausin 1 sdm , taburi bawang goreng dan irisan daun bawang dan seledri serta tumisan ayam , mie ayam siap tuk dinikmati bersama kuah dan bakso . 


Selamat mencoba 


No comments:

Post a Comment