Tuesday, September 3, 2013

Resep Empal Gentong

Udah lama bgt pingin bikin ini menu, Empal gentong ini ciri khas makanan ceribon, dulu waktu di Bandung suka makan ini di resto dekat jalan tol kl arah padalarang aku suka masuknya arah mau ke gerlong namanya kok jd lupa nya, disitu ada resto khas makanan cirebon, aku paling senang diresto itu makan empal gentong ini dimana rasanya gurih dan eunak bgt deh , nah kali ini aku mau bikin sendiri nie makanan akhirnya aku cari2 mbah google dan aku dapat resep nya dari  Mba Diah Didi's Recipe, setelah gw praktekkan wow eunak bgt rasanya apalagi dimakan dgn lontong, krupuk udang dan sambel cabe rawit, makasih banget nya mba resep nya. Nah ini buat yg pingin bikin monggo resep nya di bawah ini .. Gampang kok bikin nya. 

Bahannya : 

300 gr daging sirloin  ( hrs nya pake babat tapi aku nggak suka jd di skip ) 
400 ml santan kental
750 ml air kaldu bekas rebusan daging ( air biasa jg bisa ) 
Cardamom 2 biji ( kapulaga) 
Cengkeh 3 butir
1 batang sereh di geprek
5 lembar daun jeruk
3 lembar daun salam
1 batang kayu manis 
Garam
Gula 
1 blog kaldu rasa sapi
Kucai secukupnya tuk taburan
Bawang goreng tuk taburan 


Bumbu yang dihaluskan: 
3 siung or 5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1 ibu jari jahe
Lengkuas secukupnya
2 cm kunyit bakar 

Caranya: 
1. Rebus daging sampai empuk .angkat sisihkan . Potong kotak2 or sesuai selera
2.Tumis bumbu halus sampai wangi kmdn masukkan kayu manis, cardamom, cengkeh, sereh aduk2 rata kmdn masukkan air kaldu beri bumbu garam, gula dan kaldu blok rasa sapi, biarkan air sampai mendidih setelah itu masukkan daging aduk rata biarkan sampai bumbu meresap. 
3. Setelah mendidih kmdn masukkan santan kental aduk2 jgn sampai pecah santan nya setelah itu cicipi rasa nya kl sdh pas biarkan mendidih sebentar lalu angkat.  
4. Sajikan empal gentong dengan lontong, krupuk udang , kucai dan cabe bubuk, empal siap di santap . 

No comments:

Post a Comment