Saturday, September 7, 2013

Resep Puding Ceplok



Hari ini ada acara kumpul2 warga indonesia krn ada Farewell Party nya  Baskoro tedjo dan Denny family's yang akan pindah tugas ke negara lain, dalam acara ini setiap teman membawa makanan yg beraneka ragam krn judul nya potluck, seru bgt deh kl udh gini krn qta bisa nyicipi makanan yg beraneka ragam yang pasti menu Indonesia tercinta dong ... kali ini aku mau bikin Puding telur ceplok sama bakwan jamur  tuk acara ini, nie buat yg pingin coba resep nya , sbnrnya aku dpt resep ini jg dr millis teman2 yg diblog or dr NCC pokoknya makasih deh udh share ilmu nya semoga dilimpahkan ilmu yg lbh byk lg buat teman2 dan selalu diberkati oleh Allah SWT... Aamiin , kebanyakan cerita. Qta mulai aja deh . 

Puding telur ceplok 

Bahannya 1 : 

300 gr pumpkin's or labu kuning or kaboca ( itu istilah2 nya )
1/2 agar2 swallow or kl merk thailand 1/2 sdm ( 3,5 gr) warna putih kl ada warna oranye lbh bgs tuh. 
50 gr gula putih 
350  santan  ( ini aku campur 100ml air dan 250 ml santan ) 
Garam 1/4 sdt 

Bahan kedua  puding putih telurnya : 
4 gram agar2 putih ( 1/2 sdm ) 
500 ml santan ( ini aku campur 200 ml air dan 300 ml santan ) 
2 ikat daun pandan
1/4 sdt garam
1/2 sdt jely ( aku pake nutrijel ) 
100gr gula putih ( kl  mau manis 125 gr aja ) 
Caranya : 
Tuk puding kuning nya : 
1. Kukus pumpkin or labu kuning sampai matang lalu blender sampai halus, sisihkan. 
2. Campur agar2, santan, garam kmdn rebus biarkan sampai mendidih dipinggir nya lalu angkat kmdn campur dengan pumpikn or labu kuning yg sdh diblender lalu aduk rata. 
3. Siapkan cetakan sarikaya siram dgn air ( biar agar2 gampang diambil dr cetakan) lalu isi 1/3 nya dengan adonan lalu  biarkan sampai mengeras.   

Tuk puding putih telur caranya :

1. Campur agar, jelly, gula , santan , garam dan daun pandan masak sampai mendidih, angkat.

2. Kmdn ambil cetakan ( mangkuk kecil aku pake mangkuk yg biasa aku pake buat bikin creme brulee) susun puding kuning telur ( bagian bawah aku simpan dibagian atas, di susun terbalik ky telur ceplok aja ) lalu siram dengan puding putih telurnya lakukan sampai adonan hbs. Lalu biarkan keras, stlh keras puding siap disantap ( kl lbh enak simpan dulu di kulkas ) selamat mencoba. 


Resep ini aku dapat dari mba Retno. 





No comments:

Post a Comment