Friday, September 20, 2013

Resep Rawon Surabaya

Hari ini aku lg pingin masak rawon kebetulan punya kluwek yg gw beli di Houston wkt itu ( enak nie kluwek udh dikupasin jd kagak repot2 kudu pukul2 kulit nya yg keras, hihihi) dan satu lagi gw baru aja panen Toge pendek  jd cocok kan buat makan rawon ( niat bgt buat bikin rawon ampe nanem dulu toge.... Hihihi. ) habis di USA kagak ada toge model begitu jd dengan penuh kesabaran nunggu toge nya tumbuh dulu ( proses nya sekitar 5 hari deh .... )  tadinya mau nulis gimana proses pembuatan toge tp takut kepanjangan and jg lg keserang virusnisasi muales nulis ( hihihi, jgn ditiru nya kemalasan nya ) Yuk deh qta mulai aja cara membuat Rawon  Surabaya ini siapa tahu ada yg pingin bikin or ngidam gitu ama nie  makanan. 

Bahannya : 

500 gr or 1/2 kg daging ( aku pake daging sisa bikin tritip steak ) 
1 batang serai bagi 2 geprek 
1 ibu jari legkuas geprek 
3 lembar daun salam 
Garam secukupnya
4 lembar daun jeruk
Gula putih secukupnya
Merica bubuk secukupnya
Daun bawang

Pelengkapnya 
Toge pendek
Krupuk udang
Sambel 

Bumbu yang halus 

4 buah kluwek 
2 buah cabe merah ( ini gw buang biji nya biar anak2ku makan ) 
2 siung bawang  merah ( krn ukurannya besar jd gw pake 2 aja , keliatan emak2 pelit ..hihihi) 
4 siung bawang putih 
4 butir kemiri ( disangrai dulu ) 
1/2 sdt ketumbar disangrai 
1 ibu jari jahe 

Caranya : kl gw semua bumbu gw blender aja ( sebenarnya enak di uleg kebetulan tangan gw sakit jd gw pake cara cepat dan mudah aja deh....hihihi) 

Cara membuat rawon nya : 

1. Potong daging besar nya sesuai selera aja kl gw sih gw potong kotak2 kecil aja (. Cuci dulu nya dagingnya ) 
2. Didihkan air dalam panci setelah mendidih masukkan daging yg sdh dipotong selama 20 menit kmdn buang air nya dan isi lagi dengan air bersih lalu masak sampai empuk daging nya. 
3. Kemudian tumis bumbu halus sampai harum setelah harum masukkan sereh, lengkuas, daun jeruk, dan salam setelah itu matikan api, sisihkan. 
4.setelah daging empuk dan matang kemudian masukkan bumbu yg sdh ditumis lalu aduk rata kemudian beri garam, merica dan gula lalu cicipi rasa nya kl sdh enak dan pas dengan selera matikan kompor biarkan rawon tetap dlm panci ( usul saya rawon ini enak nya dimakan kl sdh didiamkan semalaman krn bumbu akan meresap sampai ke daging2 nya ) met mencoba kawan . 

Nah ini toge pendek hasil karyaku
Nah ini rawon siap tuk disantap dengan krupuk udang, telur asin dan sambel 
Nah ini penampakan rawon asli enak bgt setelah di semalamkan bumbu meresap sampai ke daging2 nya. 

No comments:

Post a Comment