Monday, September 2, 2013

Resep Oseng Oseng Mercon

Walah judul nya udah bikin seram tuh , tp ini makanan bkn mercon yang di ledakkan gitu , ini nama jajanan di kota Yogya yang terkenal, mungkin dinamain mercon krn rasa nya yang peudas bgt jd kl pas makan serasa Dar gitu ky mercon yg meledak ... Hiihihi, aku suka banget ama nie makanan krn rasa yg peudas, manis dan gurih menyatu bgt dalam lidah gw apalagi kl dimakan pake nasi yg msh ngepul wah tambah muantap deh, makanan ini favorit gw ( perasaan semua makanan favorit gw deh ... Hihihi)  kalau teman2 yang pernah main ke yogya pasti tahu deh jenis kuliner ini. Hari ini judulnya gw mau bikin nie masakan karna cuaca dingin jd kl makan yg pedas2 badan jd bisa lbh hangat. Yuk buat yang pingin bikin ini menu silahkan liat resep nya, gampang banget deh. :


Bahannya : 

 300 gr daging sapi yg ada lemak nya ( td aku pake sirloin ) sbnrnya kl dijogya pake nya kikil tapi berhub di USA kagak ada jd gw ganti ama daging , tapi tetap eunak kok. 
3 siung bawang merah geprek trs aku chop
4 siung bawang putih geprek trs aku chop
1 ibu jari jahe geprek 
Garam 
Gula merah 1 sdm ( tergantung selera, aku suka manis ) 
1 sdt kaldu bubuk rasa daging sapi 
2 lembar daun salam 
1 genggam cabe rawit merah ( aku pake yg frozen , kl mau pedas lg boleh tambah ) 
300 ml air kaldu 

Caranya : 
1. Rebus daging dengan daun salam dan garam sampai empuk angkat, potong kotak2 sisihkan
2. Goreng bawang merah, bawang putih, cabe rawit merah sampai matang, angkat. 
3. Kmdn tumbuk kasar cabe rawit, bawang merah dan bawah putih, lalu tumis kembali dengan minyak  sdkt saja setelah matang kmdn masukkan irisan daging aduk lalu beri air  kaldu,( air bekas rebusan daging )  garam, gula  dan jahe geprek serta kaldu bubuk, masak sampai bumbu mengering dan meresap ( aku tadi msh ada air nya lbh suka yg basah ) cicipi kmdn angkat. Oseng2 mercon siap disajikan. 


Lbh enak kl kering tanpa kuah, resep ini aku dpt dr Mba Diah Didi's Recipe tapi sdh aku modifikasi sdkt dr bahan2.makasih mba., 

No comments:

Post a Comment