Friday, September 20, 2013

Resep Mie Goreng Jawa ala Maya

Pagi2 setelah anak2 dan suami pergi ke kantor dan sekolah, gw jg mulai siap 2 tuk pergi ngejazz ( olah tubuh dulu biar tetap sehat ), nah setelah pulang ngejazz perut ku tiba2 kruyuk2 ( cacing2 ku mulai berontak minta diisi nie ... 😃😀) dan akhir nya aku mulai ngaduk2 kulkas ternyata aku msh punya caisim dan kol, bakso dan sosis , punya ide nie mau bikin mie jawa ( favorit aku bgt nie makanan) zaman gw dulu paling senang makan mie jawa ini didaerah jalan pramuka , dipati ukur ama yg di sukahaji, rasa nya nikmat banget dan kl pulang kekampung halaman suami pasti aku akan cari kuliner Mie jawa ini yang dekat sekolah suami ama yg dekat rumah, tapi mie jawa yang aku bikin ini tdk terlalu sama dengan mie asli jawa nya tapi soal rasa enak deh ( kata yg bikin hihihi) lumayan buat pelepas rindu ama menu satu ini.  Yuk buat yg pingin bikin ini cara nya . In porsi buat sarapan pagi dan siang krn ternyata jadi nya buanyak bgt .

Bahannya : 

1 bungkus mie instan  ( punya nya ini kl  ada sih mie keriting atom ) 
Beberapa batang caisim 
Kol secukupnya 
4 buah bakso iris tipis
1 buah sosis potong serong
1 butir telur 
Garam secukupnya
2 sdm kecap manis 
2 batang daun bawang 
Seledri secukupnya tuk taburan 


Bumbu halus 

1/2 sdt merica
1/2 sdm udang kering sangrai 
2 siung bawang putih
2 butir kemiri 

Caranya : 

1. Ambil pan lalu beri minyak goreng 3 sdm makan kemudian buat orak arik telur , sisihkan dipinggir pan. 
2. Setelah itu beri lagi minyak kmdn tumis bumbu halus, aduk masak sampai wangi setelah wanngi campur telur orak arik aduk2 lalu masukkan bakso, sosis, caisim, kol aduk 2 lalu beri air sekitar 50 ml biarkan sampai semua matang dan sayuran sdh layu , lalu masukkan mie aduk rata dan beri kecap dan garam aduk dengan rata biarkan airnya rada mengering, beri daun bawang, lalu   matikan api, angkat. Mie jawa siap disantap dengan cabe rawit or saos sambel dan taburi dengan seledri . 

No comments:

Post a Comment