Tuesday, September 10, 2013

Resep Tritip Steak ala Dapur Maya

YKapan waktu di Anchorage mau ngadain acara kumpul2 nya orang Indonesia biasa dong kl ada acara ini pasti qta wajib bawa makanan alias potluck ( soalnya kasihan jg kl tuan rumah yg nyedian semua bakal repot krn di sono kagak ada bedinde yg bisa bantuin qta ) alhasil  dalam acara itu ada salah satu warga yang pinter deh masak nya ( krn gw jg sering diajari mba ini dan lumayan dpt resep dan kursus gratis nya.... Hihihi , keliatan kagak mau rugi ) nah mba ini bawa makanan yang namanya tritip steak ini steak enak bgt deh anak gw jg suka bgt, nah buru2 deh gw tanya2 apa aja resep nya dan bumbu nya yang dipake ternyata bikinnya gampang bgt ky model bikin steak jg ( iya kan namanya jg steak .. Hihihi) makasih bgt Mba lenny  Semoga mba makin diberi ilmu yg byk sama allah swt... Aamiin . Dapat 1 resep lg nie dari Bu Lurah Alaka . Yuk buat yang pingin bikin ini resep dibawah nya tp ada bbrp bahan yg aku modif.

Bahannya :

500 gr daging tritip ( ini ada di cosco ky nya kl di indonesia bisa pake sirloin deh ) 
1siung bawang bombay manis ( sweet onion ) 
2 sdm black pepper biji ( ini aku uleg ) 
1/2 botol gourmet original  ( ini bisa diganti sama soy sauce campur dgn corn syrup dan sdkt brown sugar or gula putih) 
1/2 botol ajimirin ( ini bisa diganti sama juice anggur merah segar, campur dgn air lemon tambah gula putih sdkt ) 
2 tangkai daun bawang sebagai taburan 
1 bongkah bawang putih ( mungkin bisa sampai 15 buah bawang putih kupas , kt suhu. Nya jgn pelit bumbu ) 
2 buah jahe uk besar ( setelah diblender hasilnya byk jd aku pake cuman 2 sdm ) 

Caranya membuat bumbu perendam nya : 

1. Blender bawang putih dan jahe sampai halus 
2.Kmdn susun daging dalam mangkuk lain ( daging nya cuci dulu nya ) lalu banjur dengan cairan gourmet dan ajimirin ( ini aku ganti sama yg tadi aku tulis )
3. Lalu setelah itu beri bumbu halus ( jahe dan bawang putih ) , merica hitam kmdn aduk rata . 
4. Kmdn tutup bowl dengan almunium foil simpan dalam lemari pendingin sehari semalam ( biar bumbu meresap ) . 
5. Hari esok nya kl steak ini mau dimasak keluarkan dari kulkas 1 jam sebelum dimasak , setelah daging sesuai dengan suhu ruang baru daging dibakar dengan menggunakan oven dengan panas 450 F dengan menggunakan api atas aja ( broil ) slama 8 menit tuk sisi atas dan 8 menit lagi tuk sisi bawah nya (  Sebelum msk oven siapkan loyang trs beri alas almunium foil bawahnya lalu beri alat diatas nya tuk menyimpan daging ( spt alat yg dipembakaran namanya apa nya , spt rak tapi dr besi nya ) 
6. Setelah di bakar dan matang keluarkan loyang dari oven lalu tutup loyang dengan almunium foil selama 15 menit ( biarkan terjadi pematangan diluar ) . 
7. Setelah itu daging siap dipotong 2 ( sesuai selera ) dan susun dalam wadah kmdn taburi dgn bawang bombay dan beri kuah sdkt ( sisa perendam , aku pake cuman 5 sdm saja ) dan taburi dengan bawang daun . Daging siap disantap. 



Note : tuk bawang bombay tumis dengan 2 sdm minyak goreng lalu aduk biarkan sampai bawang bombay berwarna coklat, setelah itu matikan api dan sisihkan. 
           Tuk bumbu perendam sebagai bumbu yang akan dipakai tuk menyiram steak sebaiknya dimasak dgn api kecil biarkan sampai mendidih dan kental stlh itu angkat dan bumbu siap dipakai. Selamat mencoba  . 





Nah ini daging yg sdh matang dan aku hias dgn bawang daun, 

No comments:

Post a Comment