Sunday, February 9, 2014

Resep Ayam Asam Manis Korea ala maya kitchen

Malam tadi habis nonton piano guys , qta diajak makan sama Fanny di pizza ,sebenarnya kl pizza disitu memang terkenal di Alaska dan kl mau makan disitu antri nya minta ampun hrs sabar bgt deh . Sambil menunggu pizza datang qta coba salah satu chicken wing yang mnrt gw eunak dan anak serta suami jg suka dan bilang enak rasanya asam manis pedas disertai dengan ayam yang renyah ( kl renyah begini pasti jd favorit anak2 deh ) pada saat nyobain itu makanan gw coba meresapi bumbunya dan mikir2 apa aja ini bumbu ampe bumbu meresap ke ayam nya sambil mikir terus karna gw mau coba itu masakan di rmh bsk pagi . 
    Akhirnya keesokan harinya gw bener2 mengeksekusi tuh ayam dengan cara mengingat bumbu nya karna ini ayam  memakai bumbu korea jadi gw udek2 isi kulkas tuk cari bahan dan bumbu korea nya , akhirnya gw nemuin bumbu yang pernah gw beli dan blm sempat gw bikin keburu lupa waktu itu mau masak korea dan gw coba2 pake tuh bumbu , ternyata oh ternyata Ayam pake ilmu kira2 gw eunak lho ( bener bkn muji sendiri tapi ternyata anak2 jg menyukai karna rasanya sama dengan yg resto semlm "..hihihihi) aduh senang nya gw sambil jingkrak2 kegirangan krn bisa nemuin formulanya ... 😊😊. 
Nih buat teman2 yang pingin bikin nie gw kasih resepny . 

Bahannya : 

20 sayap ayam  ( kebetulan gw pake sayap ayam yg udh dipotong kecil2 jadi gw pake segitu , kl teman2nemunya sayap ayam aja tinggal potong bagi 2 aja ). 
2 batang daun bawang , iris halus 
Biji wijen secukupnya , sangrai dulu nya . 

Bumbu rendamannya : 
1 sdt merica hitam , tumbuk halus 
1 sdm bawang putih bubuk ( kl nggak ada uleg 4 siung bawang putih ) 
Garam secukupnya 
1 butir telur 
3 sdm tepung maizena 
3 sdm tepung beras 
1/2 sdt baking soda 


Sausnya : 

4 siung bawang putih , iris halus
2 sdm saos tomat 
3 sdm madu 
1 1/2 sdm gula putih
1/2 sdt cuka ( boleh cuka apple ) 
2 sdm pasta cabe korea ( gochujang , boleh dikurangi kl tdk ingin pedas bgt ) 

Caranya :

1. Cuci bersih ayam lalu tiriskan sebentar setelah tdk ada airnya baru ayam diberi bumbu perendam yang tadi diatas ( tepung beras, tepung maizena, garam, merica bubuk hitam, bawang putih bubuk, telur ) aduk rata lalu diamkan sekitar 1-2 jam biar bumbu meresap . 

2.kemudian siapkan pan anti lengket ( teflon ) beri minyak banyak dan panaskan dengan api besar lalu goreng ayam yang sdh dibumbui dengan bumbu perendam td , goreng sampai kuning (. 1/2 matang ) lakukan sampai ayam habis setelah itu matikan kompor biarkan ayam dingin selama 15 menit terus setelah ayam dingin goreng kembali ayam sampai kuning kecoklatan ( jgn hangusnya ) maksud dua kali digoreng biar ayam renyah sekali . Lakukan sampai ayam habis , lalu angkat dan sisihkan . 

Untuk membuat saosnya

Siapkan wajan beri 3 sdm minyak goreng , lalu tumis bawang putih masak sampai harum setelah itu masukkan saos pasta cabai korea ( gochujang ) , saos tomat , madu , gula putih dan cuka aduk rata biarkan sampai saos kental , setelah kental matikan api biarkan sesaat lalu masukkan ayam yang tadi sudah digoreng aduk rata biarkan bumbu menyelemuti ayam . 

Penyelesaiannya : 

Ambil piring atau wadah lalu simpan ayam yg sudah diberi saos lalu taburi dengan wijen dan taburi jg dengan daun bawang , ayam asam manis ala korea siap dinikmati . 


Selamat mencoba . 

Nah ini pasta cabe korea ( gochujang ) byk disupermarket besar or super market korea  or jepang
Nah ini hasil akhir nya .. Hmhmhm yummy deh buat cemilan oke buat dimakan sama nasi hangat jg oke 

No comments:

Post a Comment