Wednesday, February 12, 2014

Resep Keripik Paru

Beberapa hari yang lalu gw dapat kiriman paru sapi dari temen , aduh senangnya karna gw suka bgt sama nie paru, gw favorit sama keripik paru tapi kl di masak lain selain keripik kurang begitu minat . Aku suka keripik paru karna krenyes2 dan rasa paru yang nggak bau tapi crispy paru nya istilahnya luar dalam eunak ...hihihihi. Nah karna punya paru ini gw niat bgt buat bikin cemilan keripik apalagi gw kangen bgt ama cemilan ini ,yang gw suka dari keripik homemade gw karna rasanya bener2 enak dan crispy kaya yang dijual ditoko2 ampe beberapa hari aja msh crispy . Ternyata buatnya gampang banget nggak pake susah teman hanya inggal iris2 tipis kasih tepung , goreng jadi deh keripik ...hmhmhm yummy . Nie buat yang pingin bikin keripik ini resepnya kmrn aku bikin adonan pencelupnya sama seperti bikin rempeyek . Bisa bikin 1/2 resep aja . 

Bahannya : 
500 gram paru  ( rebus dengan daun salam ) 
500 gram tepung beras ( aku kmrn 1 kantong plastik ) 
1sdm tapioka 
Garam secukupnya 
600 ml santan ( aku kmrn 400 santan kental dan 200 air ) 
5 lembar daun jeruk 

Bumbu halusnya : 
2 buir  telur 
1 sdm ketumbar ( aku pake yg butiran trs aku uleg sampai halus , biar wangi ketumbar kl pake yg butiran )  
4 siung bawan putih 

Semua bumbu halus diblender bersama telur , sisihkan . 

Caranya : 
1. Rebus paru dengan daun salam sampai paru empuk kmdn dinginkan lalu masukkan ke freezer kurang lbh 1 jam ( kl aku sampai 1 mlm biar bisa diiris tipis skali ) lalu iris tipis2 ( spy paru jg crispy ) . Jika paru disimpan di freezer slama satu malam sebaiknya pas dikeluarkan bsk paginya diamkan dulu sekitar 1/2 jam baru diiris tipis .

Untuk pencelupnya : 
Campur tepung beras, tapioka, daun jeruk dan bumbu halus aduk rata , setelah itu masukkan santan sdkt2 sambil diaduk rata , jika sudah dirasa cukup kekentalannya dan santan msh ada berhenti saja pemakaian santannya , nanti kl terlalu encer krng bagus hasilnya . 

2. Panaskan wajan beri minyak banyak ( agar paru terendam  minyak ) lalu celupkan paru kedlm adonan pencelup trs goreng sampai kuning kecoklatan, angkat , sisihkan. ( lakukan sampai paru habis ) jika adonan pencelup msh byk bisa dipake buat bikin rempeyek kacang atau teri ( kmrn aku bikin rempeyek dulu dan sisanya baru aku bikin keripik paru) kl tdk ingin membuat rempeyek sebaiknya adonan bikin 1/2 resep aja . 


Selamat mencoba . 

Nah ini penampakan keripik paru .. Eunak bisa dimakan dgn nasi hangat dan sambel ijo padang atau sbg cemilan . 

No comments:

Post a Comment