Wednesday, February 19, 2014

Resep mpek mpek ala maya kitchen

Yang namanya mpek mpek pasti favorit semua orang ( baik tua maupun muda pasti suka ama nie makanan ) mpek mpek memang kuliner nya orang palembang dan menjadi favorit semua orang tdk hanya orang palembang saja , gw pernah makan mpek2 yang dikasih temen gw dari lampung dan rasa nya mnrt gw eunak bgt apalagi cukonya kental bgt pokoknya muantap deh , dan teman gw ini sering bgt ngasih gw kl dia lg pulkam ke lampung (moga moga bsk kl gw pulkam nie teman gw yg baik hati pulkam trs gw dioleh2in mpek2 deh ....hihihihi, judulnya ngarep dot com bgt ) . Dulu sih jarang bgt bikin mpek2 karna dibandung kan byk yg jualan ( jd males aja kl buat oprek2 didpr ) nah kl sekarang beda karna nggak ada yg jualan akhirnya terpaksa hrs mengoprek di dapur  biar bisa makan yang jadi kangen ...udah ah cerita nya skrng qta mulai aja bikinnya ( oh iya aku liat resepnya dari bunda nadhifa ) makasih bunda udh share2.ilmu . 

Bahannya 
Aku bikin 1/2 resep jadi kl mau bikin 1 resep tinggal x 2 aja nya 

Bahan A : 

25 gram tepung terigu all purpose ( tepung protein sedang ) 
100 ml air 
1 sdm garam 
1 sdt gula pasir 
3 siung bawang putih , haluskan 
1 sdm minyak goreng 

Bahan B : 

500 gram ikan tenggiri ( daging nya aja atau sdh di filet ) , haluskan setelah dihaluskan bgs nya disimpan dulu di freezer ketika akan dipake baru di thawing di suhu ruang . 
100 ml air 
1 butir telur , kocok lepas 

Bahan C : 

500 gram tepung tapioka ( lbh bagus tepung sagu tani ) biasa nya tepung tdk terpakai semua , intinya penambahan tepung tapioka ini bertahap sedikit demi sedikit sambil diaduk rat dg tangan sampai dirasa sudah cukup dan bisa dibentuk . 


Air yang banyak tuk merebus mpek 2 
Minyak goreng untuk menggoreng 
Telur tuk isian mpek mpek kapal selam 

Pelengkapnya : 

Cuko
Ketimun 
Mie kuning / soun 
Sambel ( kl ingin lbh pedas ) 
Ebi yang disangrai lalu diuleg halus . 


Cara membuat mpek mpeknya : 

1. Bahan A ( ini tuk biang nya ) :  campur terigu , air, garam, gula pasir dan bawang putih halus aduk rata , masak diatas api kecil sambil diaduk2 hingga mengental , angkat  matikan kompor lalu beri minyak goreng aduk rata dan dinginkan . Simpan dilemari es / kulkas sekita 30 menit , sisihkan. 

2. Keluarkan ikan tenggiri yang sh dihaluskan dr frezzer , biarkan mencair dan dagingnya lemas ( bisa jg kl mau lgs dipakai tanpa dimasukkan ke dlm freezer ) kembali . Dalam keadaan dingin campurkan air, dan telur aduk rata dengan tangan hingga homogen . 

3. Keluarkan bahan A dari kulkas campurkan dengan bahan B , aduk rata dengan tangan hingga rata . 
4. Masukkan bahan C ( tapioka / sagu tani ) sebagian dulu kmdn aduk dengan tangan ( ujung jari ) asal rata saja , jgn diuleni terlalu lama. Tambahkan lg separoh tapioka / sagu aduk lagi dengan jari tangan asal rata . Hentikan pemakaian tepung jika adonan sdh cukup dan bisa di pulung . 
5. Adonan siap tuk dibentuk sesuai selera ( kapal selam, lenjer , bulat ) 
6. Rebus pempek yang sdh dibentuk kedlm air mendidih yang diberi minyak goreng , hingga mengambang . Angkat dan tiriskan , dinginkan , mpek mpek siap tuk di goreng . 

Cukonya : 

250 gram gula merah ( bgs nya pake gula aren jd hitam pekat ) 
Garam secukupnya 
1 bongkah bawang putih , geprek dengan kulitnya 
50 gram asam kanji ( kl nggak suka asem bisa dikurangi ) 
5 buah cabe rawit merah uleg halus 
1 sdm makan ebi yg sdh disangari 
1 sdm kecap manis 
1, 5 liter air 

Caranya : Rebus gula merah bersama air, bawang putih geprek bersama kulitnya, garam dan asam kanji biarkan sampai gula larut dan mendidih serta tercium wangi bawang putih setelah itu masukkan cabe rawit merah yang sudah digerus dan kecap manis biarkan sampai mendidih kembali setelah itu angkat lalu saring , setelah disaring masak kembali sampai kental setelah kental angkat kuah dan siap dinikmati bersama mpek2 nya . 


Selamat mencoba sobat . 

No comments:

Post a Comment