Tuesday, February 18, 2014

Resep Talam Ubi

Beberapa hari lalu ( sebelum dilarang memasak ) gw sempet bikin kue kampung yang sangat gw suka karna kekenyalan nya dan rasa ubi nya bikin pingin nyantap trs nie kue , kue ini merupakan jajanan pasar yang mnrt gw sudah jarang yang bikin , padahal gw suka banget sama kue2 kaya gini karna rasa tepung beras dan santan yang bikin kue ini legit banget , kalau makan satu pasti kurang deh ..😃😃😃. Bikinnya jg gampang dan murmer lagi tanpa pake telur dan tanpa kocok mengocok cukup diaduk aja dan dikukus langsung jadi deh ..😊😊. Kebetulan kemarin aku masih punya ubi 1/2 lagi jadi daripada busuk tuh ubi mending qta bikin sesuatu yang bermanfaat , habis kl ubi digoreng bosen jg trs dibikin biji salak atau kolak jg bosen akhirnya keputusan yang paling tepat ya dibikin talam aja .., tadinya gw pingin bikin talam ebi  tapi kok males uleg2 nya nah pas liat ubi tergeletak dipojokan dapur jadi aja talam ebi berubah menjadi talam ubi hanya beda e dan i ... Hihihihi. Yuk buat teman 2 yang pingin bikin ini resepnya : ( kl teman2 tdk punya cetakannya bisa pake loyang atau mangkuk kecil2 aja . 

Bahannya : 

Lapisan bawahnya ( kuning ) 

500 gram ubi kuning ( kukus sampai empuk lalu blender sampai halus ) 
300 ml santan kental sedang , masak ( gw didihkan dulu santan lalu aku ukur sampai santan didapat sekitar 300 ml ) 
1/2 sdt garam 
1/2 vanili bubuk 
200 gram gula putih ( bisa dikurangi jika tdk suka manis ) 
150 gram tepung sagu / tapioka 

Lapisan atasnya ( putihnya ) 

400 ml santan kental , masak hingga mendidih pinggiran nya ( hati2 pecah ) 
1/2 sdt garam 
60 gram tepung beras 
40 gram tepung tapioka / sagu 
3 sdm gula putih 
1/2 sdt vanili 

Caranya : 

1. Panaskan panci / dangdang sampai uap panasnya byk , tutup panci alasi dengan serbet agar air tdk menetes ke adonan ( gw manasin panci nya kira2 10 mnt ketika adonan mau selesai ) . 
2. Untuk lapisan  kuning ( bawah )  : Blender ubi kuning dengan separuh / setegah santan matang , blender sampai halus , kmdn pindahkan adonan ubi kedlm bowl / mangkuk lalu masukkan tepung tapioka/ sagu, gula, dan vanili aduk rata dengan whisk , aduk sampai adonan lincin setelah itu masukkan sisa santan , aduk kembali setelah itu baru  masukkan kedlm cetakan talam yang sdh diolesi minyak goreng tipis ( gw masukkin adonan kuningnya 1 sdm saja ) kmdn kukus adonan kuning selama 10 menit dalam panci yang sdh dipanaskan terlebih dahulu , lakukan sampai adonan kuning habis. (Setelah adonan kuning matang biarkan dlm cetakan dulu jgn dikeluarkan krn akan diberi lapisan atas nya nanti ) . 
3. Untuk lapisan putihnya ( atasnya ) : campur semua bahan aduk rata lalu masukkan kedlm cetakan yang tadi ada adonan bawahnya ( adonan kuning ) masukkan 1 sdm adonan putih diatas adonan kuning lalu kukus selama 10 menit sampai adonan atas memadat , lakukan sampai adonan putih hbs , kmdn   angkat kue dari dadang / panci , biarkan sampai hangat dulu dalam cetakan baru setelah itu dikeluarkan dari cetakan dan talam ubi siap tuk dinikmati dengan kopi hangat atau teh pahit hangat . 

Selamat mencoba . 

Nah ini lapis atas dr talam ubi 
Nah seperti ini penampakan seluruh talam ubi ... Hmhmhm nikmat 

No comments:

Post a Comment