Saturday, February 22, 2014

Resep membuat Roti manis kentang ala Maya kitchen

Weekend ini lg males bgt nonton acara Rondy ( udh tiap tahun nonton ) pasti acaranya seperti itu 2 aja, akhirnya gw lbh suka main di dapur tercinta aja krn dengan didapur gw bisa bercanda dengan alat alat dapur dan bahan bahan yg ingin di eksekusi ( aduk udh ky tahanan aja nya .. 😊😊) kali ini gw mau bikin roti manis tapi yang nggak pake banting2 dan nggak pake ribet tapi hasil nya tetap lembut dari beberapa yang aku baca di mbah googe tuh beraneka ragam banget dan sptnya rada2 ribet dan byk memerlukan wkt pada saat fermentasi , dr semua yg gw baca akhirnya gw coba mencampurkan metode 2 yg ada di google ( ceritanya bereksperimen ala gw bgt deh ... ) dan akhir yg gw dapat dr percobaan ini adalah mendapatkan roti yg empuk dan gampang serta bisa bikin cepat karna dikejar deadline ( gayanya .. Hihihi) masalah nya buat bekal anak2 sekolah makanya dicari yg bisa express bgt deh tapi tetap enak .. Hihihi . Tenyata pas dibawa bekel anak 2 mereka suka dan beberapa teman kakak Rizka jg suka... ( duh happy nya kl udh bikin orang lain bahagia sama pemberian qta ). Nah buat para ibu ibu yang pingin bekelin makanan buat anak tercinta ini bisa jd alternatif kok karna nggak byk makan waktu . Yuk qta intip bahan dan caranya .. Slamat melihat .

Bahannya : 

500 gram tepung terigu all porpuse ( tepung terigu protein sedang ) 
150 ml susu hangat ( jgn panas nya ) 
1 bungkus yeast / fermifan 
2 butir telur kuning nya saja
100 gram margarine ( boleh dicampur margarine dengan butter, berhub hbs butternya jd pake margarine aja ) 
75 gram gula  pasir 
1 bungkus vanili 
1 sdt garam 
100 gram kentang, kukus atau rebus lalu haluskan . 

Olesinnya 1 : 
1-2 butir kuning telur 

Olesen 2  ( ini aku dapat dari group dapur bingung di FB namanya aku lupa ) : 
2 sdm margarine ( blue band ) , cairkan 
2 sdm gula halus 
2 sdm madu 

Campur semua bahan , sisihkan ini bisa dipakai olesin rasanya yang gurih, manis pasti disukai anak2 . 

Caranya : 

campur susu hangat dengan yeast , masukkan semua bahan  ke dalam  food prosesor sampai tercampur rata , setelah tercampur rata lalu keluarkan adonan dari food prosesor lalu simpan dalam wadah kmdn tutup  dengan plastik atau lap slama 1 jam biar mengembang 2x lipat ( berhubung di tempat tinggal ku lagi winter jd biasa nya adonan tdk mengembang bagus akhirnya gw simpan dalam oven yang sdh aku panaskan sebelumnya dengan suhu 170 F , kl oven sdh panas lgs matikan dan masukkan adonan roti biarkan selama 1 jam nya ) . Setelah adonan mengembang keluarkan lalu bentuk adonan sesuai slera aja ( aku tiap adonan ditimbang sekitar 30 gram ) setelah semua adonan terbentuk  lalu olesi dengan merah telur kmdn  panggang dengan suhu 355 F slama 30 menit, terus angkat dan biarkan dingin. ( gw setelah roti matang gw olesen lagi sama olesen yang kedua biar didapat rasa roti yang manis , kl teman2 tdk suka bisa di skip kok ) . Roti siap tuk disantap atau bisa jg sbagai bekal putra dan putri tercinta . 


Note : jika roti mau diisi tinggal isi aja sesuai slera bisa pisang , sosis, keju atau coklat . Kentang disini menyebabkan roti lembut . 

Selamat memcoba 

Ini dia hasilnya ... Enak dimakan sama coklat hangat .. 

No comments:

Post a Comment