Tuesday, February 18, 2014

Resep Lapis Legit Mocca Roll

Hari ini mumpung nggak sibuk dan udah boleh masuk lagi dapur ( beberapa hari dilarang memasak dan kerja berat oleh dokter , lumayan cuti dari aktivitas ..😊😊) nah hari ini dimulai dengan baking aja deh , kebetulan punya wijsman yang nganggur daripada kadaluarsa lbh baik cpt dipake dan kebetulan kmrn nitip bumbu spekuk sama mba Ana jadi  pas banget buat bikin kue lapis legit , kue ini sebenarnya bikin rasa penasaran gw tinggi bgt apalagi dengan penggunaan telur yang 40 buah ( byk bgt deh telurnya ...) kalau gatot bisa nangis bombay nggak nya ...????? Karna gw msh pemula jadi gw bikin yang model kecil aja dan pemakaian telur nya gw pangkas seminimal mungkin takut gagal dan bisa prustasi gw ...hihihihi, nah tanpa sengaja gw liat i blog nya mba Ricke's  hanya dia lapis legit pandan berhubung gw nggak punya pandan jd gw ganti sama mocca aja , ternyata setelah gw eksekusi ternyata kue ini tdk lah sulit seperti yang aku bayangkan ( makanya jgn dibayanginnya tp dipratekkan ...😊😊) dan rasa dari kue bener 2 legit bgt dan berminyak dan hasil dari eksekusi gw kali ini tdklah buruk dari segi rasa sdh memenuhi syarat lapis legit yang di nyonya liem ( hihihi) jadi gw nggak nangis bombay deh yang ada malah jingkrak2 ala dora tuh dan senyum terkembang ...😃😃. Ternyata kl qta mau berusaha pasti bisa , apa yang mnrt qta susah ternyata setelah di coba bisa jd judulnya jgn pantang menyerah hrs coba trs sampai berhasil ...( kok jd melantur ...😃😃) yuk deh buat teman2 yang pingin bikin monggo ini resepnya , tapi kl teman2 males bikin boleh order kok ke Gw ...😊😊, resep mba Ricke ini udh gw modifikasi sdkt dr bahannya . 

Bahannya : 

150 gram butter ( i use wisjman 75 gram and 75 gram blue band ) wisjman nya gw simpan dulu dikulkas ampe keras . 
10 gram tepung terigu protein sedang / all porpuse , ayak 
1 sdm susu bubuk carnation ( ini lbh gurih spt susu bubuk Dancow ) 
1 sdm susu kental manis
1/2 sdt bumbu spekuk 
100 gram gula halus 
12 butir kuning telur ( 12 egg yolk ) 
1 sdt pasta mocca 
Manisan prunes secukupnya . 

Caranya : 

1. Ambil loyang ukuran 20x20x 7 ( gw punya nya uk. Ini ) olesi dengan margarine lalu beri kertas roti lalu olesi lagi atas kertas roti , sisihkan . 
2. Panaskan oven 170 celcius or 340 F ( gw manasin oven nya setelah adonan jadi saja ) 
3. Kocok butter dengan speed tinggi sampai putih setelah itu masukkan susu kental manis , kocok sampai rata , lalu simpan dlm bowl / mangkuk lain , sisihkan . 
4. Kocok kuning telur dengan gula halus sampai putih dan kental setelah itu masukkan tepung terigu dan bumbu spekuk , susu bubuk aduk rata 
5. Terakhir masukkan kocokan butter yang tadi  lalu aduk rata , setelah rata masukkan pasta Mocca aduk kembali sampai tercampur rata, setelah tercampur baru bagi adonan menjadi 4 bagian ( aku tadi setiap bowl aku isi dengan 4-5 sendok ice cream . 
6. Ambil loyang yang sdh diolesi margarine lalu tuang 1 adonan lalu panggang dengan api atas dan api bawah kurang lbh 5 mnt ( tp ini tergantung oven msng2 nya ) panggang sampai coklat permukaan nya setelah itu keluarkan loyang lalu masukkan lagi adonan ke 2 kmdn beri buah prunes diatas lalu bakar lagi hanya dengan api atas saja  selama 5 mnt , setelah itu masukkan kembali adonan ke 3 bakar lagi dengan api atas aja slama 5 mnt , dan adonan yang ke 4 sama lalu beri buah prunes diatas nya bakar dengan api atas slama 5 mnt jg . Terakhir panggang kue dengan api bawah selama 5 menit lalu keluarkan kue dari oven lalu biarkan sampai hangat . 
7.setelah hangat ambil kertas roti yang baru lalu gulung kue lapis legit ini , kmdn potong 2 , kue siap tuk disantap dengan teh hangat . 

Selamat mencoba kawan . 

Note: jika kue bergelombang pada saat di panggang , tekan saja dengan lapis bawah gelas ( tekan nya jgn terlalu keras nya ) kue akan kembali rata. 

Nah ini dia hasil dr lapis legit mocca roll .. Hmhmhmhm yummy , makan satu gigitan pasti kurang krn pingin nyomot trs .. 😄😃😄😃

No comments:

Post a Comment