Thursday, February 27, 2014

Resep Mie Aceh

Kali ini gw mau coba masakan dr daerah Aceh , kebetulan ada tetangga di Anchorage yang orang asli aceh , dan kapan waktu dia bikin Mie Aceh , enak bgt beda rasa nya wkt gw beli di jln mangga bandung lbh enak mie aceh tetangga gw ini ( Farah Diana ) nah mumpung ada orang Aceh nya buru2 deh ibu2 nanya resep nya ( maklum kl ada yg baru suka pingin coba , termasuk gw yg  bertanya ) akhirnya dibuka deh rahasia pembuatan Mie Aceh ini cara dan bumbu nya , aduh senang bgt deh dapat resep baru lg dr seorang teman ( makasih nya Farah semoga tambah byk ilmu nya dan bisa share ke gw lg ...hihihi ) bahan dan bumbu di bawah ini tidak gw otak atik pokoknya sesuai resep yg diberikan , nah buat yg pingin coba bikin mie aceh ini mangga dibawah ini resep nya . Resep ini udah gw uji coba dan hasilnya mnrt gw yg masak sih udh enak dan kebahagiaan gw adalah mnrt chef Farah mie aceh perdana ku lulus . ( kesannya ky ujian aja ... 😊😊) . 

Mie Aceh by Farah Diana 

Bahannya : 
375 gram atau 1 kotak spaghetti ( gw pake yang low carb) atau 1/2 kg mie kuning basah . 
250-500 gram daging sapi  , iris tipis ( gw pake cuman 250 gram aja ) 
250 gram udang kupas 
1/2 kol ( gw pake tadi cuman 1/4 aja trs gw iris tipis ) 
Toge secukupnya ( gw pake 1 bungkus nggak tahu brp gram lupa nggak diliat ) 
4 batang daun bawang iris serong . 

Bumbu tumisan : 
5 siung bawang putih , iris halus 
5 siung bawang merah , iris halus
1 buah tomat merah , potong bagi 8 

Bumbu yan dihaluskan: 

8 siung bawang merah 
4 siung bawang putih 
3 keping pekak ( anisse star ) or bunga lawang 
4 buah kapulaga ( cardammom seed ) 
3 buah cengkih 
1 cm kayu manis 
1/2 sdt jinten bubuk ( 1/2 tbs cumin powder ) 
3 buah cabe merah besar ( gw dibuang bijinya , kl mau pedas boleh tambah lg cabe nya dan jgn buang bijinya ) 
Garam secukupnya 
2- 3 sdm kecap manis 

Cara membuatnya : 

1. Rebus spaghetti dengan garam dan kunyit bubuk ( maksud pake kunyit agar didapat warna kuning) kl pake mie kuning basah cukup banjur dgn air hangat . Masak sampai spaghetti matang dan empuk ( tp jgn empuk2 bgt nya , kira2 aja ) . Angkat . Sisihkan ( gw spaghetti nya di potong 4 sblm di rebus biar nggak kepanjangan ) . 
2.Panaskan wajan beri minyak secukupnya ( krng lbh 25 ml ) setelah minyak panas masukkan bumbu tumisan ( bawang merah , bawang putih , tomat iris ) aduk , masak sampai bawang kuning dan tomat sdkt lembek kmdn masukkan irisan daging dan udang biarkan sampai daging dan udang berubah warna masak sekitar 5 menitan beri garam sdkt . 
3.setelah daging dan udang berubah warna atau sdh 5 mnt kmdn masukkan bumbu halus , beri air sekitar 6 sdm ( krn ini sdh byk air nya jg jd cukup 6 sdm ) masak bumbu sampai matang sekitar 10-15 menit ( bumbu halus hrs matang sekali agar meresap kedlm mie ) . 
4. Setelah bumbu matang baru masukkan irisan kol aduk rata sekitar 3 mnt, lalu beri kecap sekitar 1 sdm makan dan garam sdkt lagi , lalu cicipi rasa nya ( krn tadi di bumbu halus udh gw masukkan kecap jd gw cuman nambah 1 sdm makan lg ama garam sdkt ) . 
5. Terakhir setelah kol layu baru masukkan mie atau spaghetti , toge dan daun bawang , aduk rata sampai bumbu menempel semua kedlm mie , kmdn angkat dan Mie Aceh siap tuk disantap dengan acar bawang . 


Cara membuat acar bawang : 

8 butir bawang merah , potong setiap bawang menjadi 4 bagian 
1/2 buah jeruk nipis besar 
Garam 
Gula 

Campur semua bahan diamkan beberapa jam atau simpan dalam lemari es semalam spy lbh meresap .

Note :  dengan bahan segini bisa tuk 5 s/d 8 orang kl mau bikin sdkt cukup kurangi bahan2 nya atau bagi 2 saja . 


Selamat mencoba . 




Nah ini penampakan Mie Aceh ala maya kitchen resep by Farah Diana 

No comments:

Post a Comment