Friday, March 7, 2014

Resep Iga bakar ala si Jangkung Bandung

Udah lama jg seenarnya bikin nie makanan tapi baru sekarang ditulis nya biasa kl ditunda 2 ujung nya malah terlupakan deh, makanan ini mnrt gw khas kota Bandung , kl teman2 blm tahu lokasi nya ada di daerah Cipaganti dekat masjid ( aku lupa nama masjidnya ) dan bersebelahan dengan bakso Cipaganti . Kuliner ini mnrt gw makyus dari rasa bumbu yang menyerap dan pedas yang bikin lidah bergoyang pokoknya ketagihan deh hanya satu kl makan di situ harus sabar mengantri karna byk bgt yg doyan apalagi kl malam minggu byk muda mudi plus tukang ngamen ...nah kebetulan gw liat postingan teman yg bikin iga tapi bkn ala si jangkung dan gw terinspirasi plus teringat akan jajanan iga ini akhirya dengan segenap jiwa dan raga ( cius kaya mau perang aja ..hihihi) gw berburu jg iga ke toko2 karna rasa kangen akan masakan ini dan mencoba tuk bereksekusi didapur tersayang gw ...yuk buat teman2, sobat and ibu2 yang pingin coba monggo resep dibawah ini : 

Bahannya : 

500 gram beef rib / iga , potong kotak kotak dan buang tulangnya  ( atau pake daging biasa jg bisa asal ada lemak2 nya aja ) 
5 siung bawang merah ukuran sedang  
4 siung bawang putih 
1 siung bawang bombay 
1 ruas kunyit  
1 buah tomat merah , potong 8 
Garam secukupnya
Merica secukupya 
50 ml  kecap 
200 mili air 
5 buah cabe rawit merah , potong kecil kecil 


Caranya : 

1. Uleg bawang merah, bawang putih, dan kunyit, sisishkan 
2. Panaskan wajan beri minyak secukupnya tuk menumis , setelah minyak panas masukkan bumbu yang sudah di haluskan , masak sampai wangi. 
3. Setelah itu masukkan daging rib / iga aduk rata , beri air biarkan daging matang dan empuk serta beri garam dan merica . 
4. Setelah daging empuk , angkat dan sisihkan . 
5. Panaskan wajan kembali ( cuci dulu wajannya ) kmdn masukkan kecap ( 50ml ) masak kecap sampai menjadi karamel ( kental ) lalu masukkan potongan daging aduk rata , cicipi rasanya kmdn  masukkan bawang bombay aduk rata biarkan bombay sdkt melayu , setelah itu baru masukkan cabe rawit merah potongan dan tomat aduk sebentar , angkat dan simpan dlm piring saji . Iga ala si jangkung siap tuk dinikmati dengan nasi hangat dan segelas air jeruk . 


Selamat mencoba kawan . 

Nah ini wujud dr Iga bakar ala Si jangkung 
Hmhmhm nikmat dan pedas .. 

No comments:

Post a Comment