Friday, March 7, 2014

Resep sambel ijo dan merah padang

Resep ini sebenarnya warisan dari bapak gw , bokap gw ini paling doyan makan sambel dan paling senang kl dia udah masak nie sambel  ( jd kangen ama almarhum ) bisa nambah terus gw makan nya terus ditambah sama masakan nyokap gw seperti ayam goreng bumbu lengkuas atau sama balado teri medan wah tambah makyus deh . Judulnya gw kangen sama ortu ..😊😊. Nie buat teman 2 yang pingin bikin ini sambel monggo .

Bahan sambel ijo ala bapak gw : 

300 gram cabe hijau 
10 buah cabe rawit hijau 
8 siung bawang merah 
6 siung bawang putih
2 buah tomat hijau 
Garam secukupnya 
Minyak goreng secukupnya . 
Ikan teri secukupnya ( teri medan atau teri jengki ), goreng 

Cara nya : 

Kukus semua bahan kecuali garam dan minyak nggak usah nya , masak sampai bahan2 empuk , lalu tumbuk kasar , sisihkan . 
Kmdn panaskan wajan beri minyak banyak ( krn sambel hrs terendam minyak ) lalu masukkan bahan2 sambel yang sdh di uleg kasar aduk rata , biarkan sampai sambel matang setelah matang baru masukkan ikan teri goreng aduk rata , angkat  simpan dalam wadah atau toples kecil kl mau lama impan dlm kulkas jd kl perlu tinggal di hangatkan saja . 

Selamat mencoba . 

Note : untuk sambel merah caranya sama seperti sambel ijo hanya diganti saja cabe hijau nya dengan cabe merah dan cabe rawit merah , proses nya sama. 

Nah ini wujud sambel merah padang


Ini wujud sambel Ijo padang

No comments:

Post a Comment