Sunday, March 23, 2014

Resep Wajik ketan Gula merah

Kapan tahu deh gw pingin nyoba bikin wajik sebenarnya udah lama jg pingin coba bikin tapi yaitu kadang 2 rasa penasaran bisa tereliminasi sama rasa muales dan lagi gw jg tdk terlalu suka yang terlalu manis, apalagi mnrt gw kl wajik itu pasti manis banget jadi aja rasa penasaran gw blm mau uji ciba nie makanan , tapi pas liat milis teman2 yang bikin wajik kok timbul lagi deh rasa pingin buat nie makanan, akhirnya gw coba jg walau tidak tahu siapa yang akan makan ( kebetulan keluarga gw jg tdk terlalu suka yang manis sekali ) akhirnya gw bikin dengan ukuran gula yang mnrt gw cukup tingkat kemanisan nya dan akhirnya tingkat penasaran gw terbayar sudah ternyata bikin wajik tdk ribet malah gampang banget ( gw pikir dulu ribet ), kl makanan yang mengandung gula banyak gw memang jarang bikin dan pasti tdk akan gw ulangi lagi cukup satu kali , kecuali kl ada yang mau pesan ...😃😃😃. Nie buat para sahabat yang doyan wajik bisa liat resep dibawah ini . Resep nya gw liat di mbah google .

Bahannya : 

250 gram ketan putih , rendam 2 jam 
100 ml santan encer 
250 ml santan kental ( biar nggak kental bgt aku campur 200 ml santan kental + 50 ml air ) 
175 gram gula merah 
2 lembar daun pandan 
1/4 sdt garam . 


Caranya : 

1. Kukus ketan selama 15 menit , angkat dan sisihkan . 
2. Kmdn campur ketan dengan santan encer , aduk rata sampai ketan menyerap santan lalu kukus kembali selama 30 menit sampai ketan matang , angkat dan sisihkan . 
3. Masak santal kental dengan gula merah, garam dan pandan biarkan sampai kental sdkt berminyak lalu angkat kmdn masukkan ketan yang tadi sdh matang aduk rata sampai santan terserap oleh ketan.
4. Ambil loyang lalu masukkan adonan ketan kedlm loyang dan ratakan sesuai bentuk loyang kmrn gw pake loyang tuk brownies dan biarkan dingin, setelah dingin baru potong 2 sesuai selera . 

Selamat mencoba . 


No comments:

Post a Comment