Thursday, March 27, 2014

Resep mpek mpek Ikan makarel lenjer dan kulit ala maya kitchen

2 minggu lalu gw sempet main ke Asia Grocery dan liat ada ikan makarel , terbayang deh buat bikin mpek2 pake ikan ini , tapi biasa sampai rmh tuh ikan tersimpan dgn baik di frezzer dan gw lufffa saudara2 ama tuh ikan , kebiasaan buruk emak2 kl blanja pasti lupa dan cuman jd tumpukan di kulkas knp nya emak2 tuh suka begitu ( knp jg gw bilang emak2 pdhl cuman gw doang kali yg begini ...😃😃) nah kebetulan kemarin gw lg nyari sesuatu di frezzer eh gw liat tuh ikan akhirnya yang tadi mau masak apa akhirnya pas liat ikan langsung terpikir buat tuh mpek mpek padahal hari udah menjelang sore menuju malam ...niat bgt gw bikin ini mumpung lg datang mood yang baik jd hrs buru2 di kerjakan , ternyata mpek2 nie ikan lbh sedeeep lho dari pada pake fish paste karna rasa ikan lbh nendang trs gw karna sayang liat kulit nya akhir nya tuh kulit gw kreasikan jg jd mpek2 kulit ternyata sedaaaaap bgt , maklum emak2 pengiritan jd tdk boleh ada yang terbuang ..😃😃, kmrn aja liat tulang nya terpikir buat gw kelola jadi sesuatu tp blm tercapai sih . Mnrt anak2 dan suami gw dan sahabat gw Rika sih enak , lembut dan crunchy tdk keras gitu apalagi kl di banjur sama kuah nya wah sedaaap bgt serasa makan mpek 2 dr Lampung ....nie buat para sahabat dan emak2 tercinta kl mau bikin boleh intip resep dibawah ini . Resep ini aku liat dr bunda nadhifa tapi aku modif lg sesuai bahan yang ada . Makasih bunda .


Mpek mpek lenjer dan kulit 
By maya kitchen 

Bahannya : 

Untuk biang nya 

50 gram tepung terigu 
200 ml air 
2sdm garam 
1/2 sdm gula 
5 siung bawang putih , haluskan ( aku pake bawang putih yg sdh halus tp bkn powder nya ) 
2 sdm minyak goreng 

Cara membuat biang 

Campur terigu, garam , gula , bawang putih halus dan air kmdn aduk rata sampai tdk ada tepung terigu yg menggumpal intinya adonan halus , kmdn masak di atas api kecil aduk2 sampai mengental , terus angkat lalu beri minyak goreng dan aduk kembali , setelah itu pindahkan ke bowl dan simpan dlm lemari es selama 30 mnt . 


Bahan lenjer dan kulit : 

2 ekor ikan makarel , bersihkan lalu belah dua kmdn kerok dagingnya dan timbang ( gw kmrn dpt 350 gram daging dan 150 gram kulit ) dan kulitnya sisihkan , kmdn daging ikan  dan kulit di haluskan dalam  food procesor atau blender sampai halus ( daging dan kulit terpisah nya pada saat di blender ) setelah halus, daging ikan dan kulit simpan di frezeer slama 1 jam deh ( boleh lbh jg ) kmdn keluarkan biarkan sampai kembali mencair dalam suhu ruang ( ribet sih tapi sepadan deh hasilnya ) 

2 butir telur , kocok lepas . 
 500 gram tepung tapioka ( tapi aku nggak pake semua , separoh aku pake tuk taburan pada saat pembentukan lenjer ) 
200 ml air 

Cara nya : 

1. Keluarkan adonan ikan dan kulit dari kulkas lalu biarkan dalam suhu ruang sampai adonan ikan dan kulit lemas kembali , masih dalam keadaan dingin campur masing masing adonan ( terpisah wadah nya antara kulit dan daging ikan ) kmdn beri masing2 adonan 100 ml air dan 1 butir telur tuk masing2 adonan kmdn aduk rata dengan tangan sampai adonan rata .

2. Kemudian keluarkan adonan biang dr kulkas lalu campur dengan adonan ikan dan kulit ( aku bagi 2 adonan biang nya jadi 25 gram tuk masing 2 adonan ikan dan kulit ) kemudian aduk hingga rata masing2 adonan tersebut . ( aku ngerjainnya satu 2 biar nggak bingung ) 


3. Setelah masing masing adonan tercampur rata dengan biang baru masukkan tepung tapioka sedikitsedikit aduk rata dengan telunjuk jari saja tdk perlu diuleni seperti membuat bakso jika masih dirasa kurang kalis tambahkan lagi tepung tapioka pada masing2 adonan tetap mengaduknya dengan telunjuk saja asal tepung merata dengan adonan ikan jika dirasa adonan sdh bisa di pulung berhenti pemakaian tepung nya .

4. Terakhir adalah membentuk adonan sesuai selera saja , kl aku kmrn cuman bikin lenjer dan bulat pipih tuk kulit , cara membuat lenjer aku gunakan talenan lalu aku taburi tepung tapioka kmdn aku bentuk lenjer ini lbh mudah. Lakukan sampai adonan habis . 

5. Rebus air beri minyak goreng 2 sdm makan , jika air sdh mendidih masukkan adonan mpek 2 yang sdh dibentuk tadi biarkan mpek 2 mengapung , lalu angkat dan tiriskan , kmdn dinginkan. Mpek empek siap tuk digoreng dan dinikmati bersama kuah cuko nya . Kl mau liat cukonya liat aja di mpek2 fish paste nya teman males nulis lagi ,



Selamat mencoba . 

Nah ini mpek mpek kulit ala maya kitchen

No comments:

Post a Comment