Friday, March 7, 2014

Resep Soes kering

Kue ini resep nya aku liat di group dapur bingung ini kalau tidak salah resep salah satu member namanya mba Rani Werani Burgess ( makasih mba resepnya ) , kue ini sebenarnya merupakan oleh oleh khas bandung yang ada ditoko Merdeka soes , rasa cemilan ini enak karna renyah dan kadang ada rasa kejunya jadi bisa buat favorit emak2 buat oleh oleh , kebetulan waktu itu member didapur bingung ngasih resepnya dan gw penasaran tuk mencobanya dan alhamdulillah berhasil  rasanya hampir mendekati soes merdeka , nie buat ibu2 yang kangen sama cemilan ini dan jauh jarak nya tuk membeli cemilan ini , mari qta coba buat sendiri .


Soes kering by Rani Werani Burgess ( sdh diuji di dapur maya ) 

Bahannya : 

100 gram margarine atau butter 
250 ml airb
150 gram tepung terigu 
4 butir telur 
1/2 sdt baking powder 
1 sdt kaldu ayam bubuk dan garam secukupnya 
1/2 sdt soda kue 

Caranya : 

1. Panaskan margarine / butter dan air hingga mendidih , kmdn kecilkan api , masukkan tepung aduk rata sampai tepung tdk lengket di panci , angkat biarkan agak dingin. 
2. Setelah adonan diatas agak dingin kmdn masukkan telur satu persatu sambil diaduk rata dengan spatula atau sendok kayu hingga adonan halus , lalu beri baking powder, kaldu ayam dan garam dan soda kue , aduk rata . Sisihkan . 
3. Panaskan oven dengan suhu 190 derajat celcius / 375 F , kmdn siapkan loyang datar , lalu masukkan adonan kedlm  piping bag / kantong plastik segitiga yang sdh ada   spluit bintang dan sdh di  gunting ujung plastik segitiga tsb , kmdn cetak adonan diatas loyang ( lakukan sampai adonan hbs ) 
4. Setelah itu panggang adonan dlm oven biarkan sampai kuning kecoklatan ( jgn buka2 tutup oven ) kira 2 30 mnt , setelah itu angkat dan biarkan dingin . Setelah dingin panggang kembali sus dengan panas oven sekitar 100 derajat celcius / 250 F ( masing2 oven beda panasnya ) sekitar 10 mnt . Stelah itu angkat dan cemilan ini siap tuk dinikmati . 
5. Kl masih krng renyah bisa di mikrowave lg sekitar 3 mnt maka akan didapat kue soes yang crunchy spt di merdeka soes bandung 

Selamat mencoba 

Soes yg siap di panggang
Nah ini hasil akhir nya soes kering

No comments:

Post a Comment