Friday, March 7, 2014

Resep membuat Bakso versi 3

Sebenarnya membuat bakso ini udah beberapa kali dan alhamdulillah sukses, tapi kali ini gw mau kasih lagi resep membuat bakso yang mnrt gw mudah bgt dan rasa bakso nya kenyal dan empuk dan yan penting rasa dagingnya terasa membelai lidah ( lebay bgt nya??? ) , bakso memang nggak ada mati nya apalagi para pencinta bakso rata rata ibu2 ( mnrt survey gw ) makanya tuk makan  bakso yang aman dan sehat lbh baik bikin sendiri dijamin sehat dan aman ,karna tanpa bahan pengawet. Gw sih dibilang maniak bakso jg nggak terlalu tapi kl dapat info dari teman tentang abang bakso yang enak pasti gw kejar karna tujuan nya buat membedakan rasa bakso nya dan segi kualitas dari bakso tsb ( mau dagang bakso nie .. Hihihi)  nah dr berbagai sumber yang  gw baca ternyata membuat bakso itu beraneka ragam nya dari cara proses pembuatan sampai bahannya tapi kl gw pribadi sih yang penting gampang dan enak itu udah puas bgt , slama gw bikin bakso sendiri , keluarga gw lbh menyukai bakso buatan Emaknya mungkin karna empuk, kenyal dan rasa daging nya bener2 sedap ( walah ini mah jd promosi euy ..) nah nggak usah lama lama deh mari qta turun kedapur buat bikin bakso ini dan silahkan mencoba resep dr saya .

Bahannya :,
By maya kitchen 

500 gram daging ( aku kmrn dikulkas ada daging buat stew ama daging cincang jd gw campur aja ) 
2 sdm garlic powder / bawang putih goreng  ( boleh ditambah lagi kdng krng menyengat kl pake garlc powder ) 
1 putih telur 
5 sdm tapioka 
2 sdm corn starch / maizena 
Garam secukupnya 
1 sdt merica bubuk 
7 sdm es batu ( es nya udh dihancurkan biar gampang pas di food prosesornya ) atau air soda .
2 sdt gula putih 
2 sdt  garam 
1 sdt baking powder 

Baso isi telur : 
3 butir telur , rebus 


Caranya : 
Masukkan  daging dlm food prosesor giling sampai halus sebanyak 3 kali giling deh , kmdn   masukkan  semua bumbu yang ada ( merica, garam , tepung tapioka, es batu, telur, bawang putih , tepung maizena , gula putih , baking powder ) kmdn giling kembali sampai terbentuk seperti paste  atau adonan yang sdh kenyal kmdn adonan yang sdh jadi simpan dlm wadah dan simpan dalam lemari es sekitar 1-2 jam . 

Isi panci dengan air secukupnya lalu panaskan biarkan sampai mendidih ( setelah mendidih kecilkan api supaya air tdk terlalu panas karna akan membuat bakso hancur )  keluarkan adonan dr kulkas kmdn tuk membentuk adonan : ambil segenggam adonan kmdn dikepal dan dikeluarkan di selah2 antara jempol dan telunjuk ambil sendok makan tuk mengambil bulatan bakso yang berada diantara jempol dan telunjuk tadi lalu masukkan kedlm air yang tadi sdh mendidih ( lakukan sampai adonan hbs) biarkan bakso mengambang sendiri trs masak sekitar 5 mnt dgn api sedang , angkat dan kmdn banjur dgn air dingin . Bakso siap tuk disajikan dengan kuah atau dimakan begitu saja yang diberi saos atau kecap . 

Note : tuk membuat baso telur ambil 1 butir telur rebus lalu lapisi dgn adonan baso sampai tertutup telur nya kmdn rebus sampai matang . Angkat . 


Selamat mencoba 
Nah ini bakso msh dlm proses pematangan
Ini hasil akhir nya ... Hm yummy
Bakso yg siap disimpan di frezeer kpn pun akan dipakai . Bakso ukuran sedang dan kecil
Yg ini bakso ukuran sedang ..
Ada sisa adonan dan cukup buat bikin baso isi telur .. Ini hasil nya .
Soun bakso telur .. Hmhmhm lezat

No comments:

Post a Comment