Friday, March 7, 2014

Resep Otak otak bandeng ( milk fish ) ala Maya kitchen

Ini jg masakan yang sudah lama gw buat dan baru sekarang gw tulis di blog ini , kemarin2 lagi kena  hawa males nulis , sebenarnya byk yg blm aku tulis tapi berkas2 ya byk jg yang hilang ntah dimana karna gw kl nulis tuk resep biasanya pake kertas yang sembarang gw ambil dan sembarang gw simpan ( dasar nya emak2 pemalasan nie ky gini , arsip nya hilang tak ada jejak 😂😂) tapi biarlah msh ada beberapa yang terselip dan terselamatkan ...hihihi. ( ngeles mlulu ..hihi) nah kali ini gw mau coba bikin yang namanya otak otak bandeng ,makanan ini asalnya dr kota Gresik , dulu sih cuman dapat kiriman dan tdk pernah tuk mencoba sendiri dan baru kali ini stelah jauh dari negara asal dan hidup di negara yang jauh dari makanan khas daerah baru deh niat bikin , walau pembuatannya harus sabar karna dari ngulitin kulitnya ampe daging yang harus di saring,tapi kl hasilnya sangat memuaskan bikin cape hilang dan yang penting disukai keluarga kecilku itu udah bikin aku happy sepanjang masa , ternyata rahasia makanan itu enak adalah dr hati sang koki rumah  kl hati senang in shaa allah makanan akan tersaji dgn nikmat krn didalam nya ada satu bumbu yang tidak ada ditoko manapun, yaitu Cinta ( melankolis bgt nya ) tapi kl lg nggak happy dan tdk mood jgn skali2 memasak krn hasil tdk akan sempurna ( ini mnrt peneropongan gw ...hihihi ) kelamaan ceritanya yuk kita mulai intip aja cara kerja nya ( resep ini aku liat di blog nya mamasopi , makasih nya mba udh berbagi resep ) .

Bahannya : 
Otak otak bandeng by mamasopi modif maya 

3 ekor ikan bandeng uk, sedang ( kl yg besar bisa 1 ekor aja , mungkin skitar 1 kilo nya ) 
Daun pisang secukupnya / almunium foil 
1 butir telur ayam 
1/4 kelapa parut 

Bumbu yang dihaluskan : 

10 butir bawang merah 
6 siung bawang putih 
4 buah cabe merah ukuran besar ( aku buang bijinya ) 
5 buah cabe rawit merah ( aku nggak pake krn anak2 nggak suka pedas ) 
2 sdm kemiri 
2 ruas kunyit 
1 sdt ketumbar 
2 ruas lengkuas 
1 ruas jahe 
1/2 dt  jinten 
2 sdt gula putih 
2 lembar daun jeruk 
1 sdt garam 
 2 lembar daun jeruk 

Bahan pencelupnya : 
2 butir telur , kocok lepas 

Caranya : 

1. Bersihkan sisik ikan dan filet ikan dari punggung (belah ) buang isi kotoran dari kepala dan perut lalu bersihkan dengan air . 

2. Kerok semua daging tak terkecuali dengan tulang / duri2 nya ( hati2 pada saat mengerok daging jgn sampai sobek kulitnya ) kmdn haluskan daging beserta tulang lalu haluskan daging dan duri dengan ulegkan yang disimpan dalam sarangan kukusan yang berlubang kecil agar duri terpisah dari dagingnya . 

3. Kemudian blender bumbu yang akan dihaluskan bersama telur dan kelapa parut , hingga halus , sisihkan . 


4. Setelah itu campur bumbu yang sudah diblender dengan daging ikan bandeng yang tadi sudah disaring halus , aduk rata , kl adonan terasa encer simpan dalam kulkas sekitar 1 jam sampai adonan kaku ( pepal ) dan siap tuk di masukkan kedlm kulit ikan bandeng . 

5. Susun kulit ikan bandeng diatas daun  pisang yg sdh diolesi minyak goreng  lalu isi salah satu sisi ikan bandeng dengan adonan lalu tutup sisi yang sdh diisi adonan dengan sisi yan satunya ( lakukan sampai kulit bandeng habis nya ) tata rapi seperti ikan bandeng aslinya . 

6. Bungkus ikan sperti mempepes ikan biasanya lalu kukus slama 1 jam atau lebih . 

7. Angkat ikan dr kukusan lalu biarkan dingin setelah itu potong 2 sesuai selera lalu celupkan kedalam kocokan telur dan goreng sampai kuning kecoklatan . Angkat dan sajikan dengan sambel kecap atau bajak dan lalap serta nasi hangat . 

Selamat mencoba sahabat2 ku . 

Nah ini kulit ikan bandeng yg akan dikerok daging nya dan sdh bersih dr kotoran
Ini daging dan duri yg sdh di filet
Ini cara memasukkan adonan ikan kedlm kulit bandeng
Nah sperti ini wujud terakhirnya tinggal dikukus saja dan siap tuk dinikmati
Ini hasil akhir nya siap dinikmati dgn sambel dan nasi hangat ..


1 comment: