Friday, March 7, 2014

Resep Urap Sayuran ala maya kitchen

Resep ini pasti ibu2 sudah pasti bisa karna membuatnya mudah tdk terlalu makan waktu dan didapat hasil yang enak apalagi bahan2 nya sudah memenuhi kebutuhan gizi tuk asupan tubuh qta hanya tinggal ditambah ayambakar or goreng atau lbh enak lagi gepuk goreng dan sambel terasi wah pasti lahap deh makannya,  urap ini bisa jd teman nasi kuning atau tumpeng . Apalagi  kalau makan  nya bareng2 bisa nambah terus ...hihihihi. Nah resep nya seperti ini . Bahan2 sayuran nya boleh sesuai selera ajanya nggak terlalu berpatok pada ini ( sesuai yg ada dikulkas aja )

Bahannya : 

250 gram toge  ( sesuai selera aja ) 
100 gram kacang panjang , potong sesuai selera aja panjangnya
3 buah wortel ukuran kecil , iris panjang spt koreng api 
1/ 2 ikat kangkung / bayam ( kl bayam krn sdh dipetik kira2 150 gram ) 
250 gram kelapa parut ( aku pake kelapa kering yang aku beri basahi dgn 50 ml air hangat biar basah )
Minyak goreng tuk menumis 
Air secukupnya 

Bumbu yang dihaluskan : 

5 siung bawang merah 
3 siung bawang putih 
2 buah cabe merah 
1ruas kencur ( kl punya bubuk pake 1 sdm aja ) 
Gula merah secukupnya 
1 sdt terasi 
3 lembar daun jeruk 
2 lembar daun salam
1 sdt asam ( larutkan dengan air ) 
Garam secukupnya . 

Caranya : 

1. Rebus semua sayuran sampai matang ( maksudnya rebus satu2 nya sayuran nya jgn sekaligus ) kmdn tata dalam wadah ( aku dipisahkan biar kl nggak hbs aku simpan dlm kulkas trs tinggal kpn hari aku taburi kelapa parut nya ) .

2. Panaskan wajan lalu beri minyak goreng secukupnya sekitar 3 sdm , kmdn tumis bumbu halus aduk rata biarkan sampai harum dan bumbu matang ( beri air sdkt nya ) setelah bumbu halus matang dan harum baru masukkan kelapa parut aduk rata , cicipi rasa nya kl sdh pas angkat , dinginkandan simpan dalam wadah tertutup kmdn simpan dlm lemari es ( kl tdk habis lho ) . 

3 . Kl memang mau dimakan langsung hari itu bumbu dan kelapa parut yang sdh matang dan masih dlm wajan tinggal masukkan sayuran yang tadi sudah dimasak , aduk rata dan urap siap tuk disajikan bersama nasi kuning/ putih yang ditemani oleh ayam goreng/ bakar dan daging gepuk . 

Selamat mencoba . 


Nah ini wujud dari urap ala maya kitchen 

No comments:

Post a Comment