Monday, March 24, 2014

Resep Sego Pecel ala maya kitchen

Kapan hari pingin makan Sego Pecel ala Madiun , nah biar makannya sedap akhir gw ajak makan bareng Rika dan Farah , walau cuman makan sama sego pecel doang tapi nikmat karna bersama2 emang benernya kl makan bersama itu akan terasa lbh nikmat daripada sendirian , kapan2 ada yang mau ngundang gw makan nggak nya ...hihihihi, sebenarnya makanan ini merupakan kuliner ala Yogyakarta , dulu zaman gw lagi hamil muda gw pernah penasaran sama Sego pecel yang ada di belakang UGM dan itu banyak bgt orang yang makan disitu , gw pikir pasti eunak banget tuh pecel apalagi waktu itu udh menjelang sore dan pengunjung tuh warung sdkt berkurang tdk seperti kl siang hari , akhirnya gw beli deh buat menjajal rasa tuh pecel ternyata mnrt gw rasa nya nggak beda sama pecel pada umumnya  , sebenarnya gw penasaran sama nama nya aja yaitu Sego pecel  , gw pikir apa gitu ternyata nya pecel aja hanya kata. Sego itu berarti nasi ...😃😃😃 jadi kl di Indonesiakan nasi pecel ...😊😊😊. Macam2 aja nya orang ngasih nama makanan sbg daya tarik pembeli . Kmrn gw bikin pecel nya ala madiun tp yang kurang nggak pake kemangi sama ketimun padahal kl pecel madiun itu eunak bgt lho karna ada rasa kencur dan terasi di bumbu kacang nya dan wangi kemangi , jadi kangen , gw pernah makan pecel madiun ini waktu zaman kakak Rizka msh di TK ada salah satu Eyang yang bawain pecel madiun dan rasanya hmhmhm eunak bgt ...waktu kmrn bikin gw paduain aja ala Yogya dan Madiun ....mnrt gw sih enak , mungkin laper kalinya ...hihihi. Ya udh deh mari qta liat resep nya .

Bahan sayuran nya : 
By maya kitchen 
Beberapa buah kacang panjang 
Toge secukupnya 
Kol secukupnya 
1 buah ketimun 
1 ikat kangkung / bayam 


Pelengkapnya : 

Peyek kacang 
Ayam goreng ( ini tambahan gw aja ) 
Tempe / tahu goreng 
Krupuk aci / krupuk tempe (  ini jg tambahan gw krn di sono kagak pake krupuk ) 

Bumbu kacang nya : 

150 gram kacang tanah , goreng , haluskan , sisihkan 
3 buah cabe rawit merah ( kl mau pedas tinggal tambah aja ) 
2 cm kencur 
3 lembar daun jeruk purut 
1 sdt garam 
1 sdm gula merah 
1/4 sdt asam jawa 
Air matang secukupnya 
4 siung bawang putih goreng 

Cara membuat pecel madiun
1. Rebus semua sayuran ( ngerebusnya satu bagian jgn dicampur sama sayuran lain ) sampai matang , angkat dan sisihkan 
2.haluskan daun jeruk , bawang putih, kencur , beri gula merah jika sdh halus masukkan kacang tanah yg sdh di haluskan tadi , uleg sebentar ( atau dinblender ) sampai bumbu tercampur rata dengan kacang tanah , setelah itu banjur dengan air hangat sedikit2 sampai bumbu kacang kental ( jgn terlalu encer pokoknya ) , aduk rata, kmdn simpan dlm bowl . 
3. Tata sayuran dalam piring ( kol,toge, ketimun , kemangi, kacang panjang ) trs siram dengan bumbu kacang nya , pecel siap disajikan bersama nasi , rempeyek, ayam goreng , tahu / tempe goreng . 

Selamat mencoba 


Nah ini sego pecel yg siap tuk dinikmati


No comments:

Post a Comment