Friday, March 14, 2014

Resep Sate Padang ala Maya kitchen

Kapan hari gw nemuin lidah di salah satu swalayan di Anchorage , dan gw pikir itu lidah tdk byk ukurannya spt yang biasa gw liat yang ini cukup deh buat bikin sate padang beberapa tusuk , pertama gw beli harganya msh murah pas esok harinya harga jauh lbh mahal pdhl berat nya tdk begitu jauh dr kmrn ..( apa aku yang salah liat berat nya kali nya 😊😊) , untung aja ada lidah yang uk. Nya pas jadi niat gw hari ini bikin sate padang bisa terlaksana ( kpn hari gw jg nanya ada beef lung nggak , iseng aja ternyata mrk nggak jual begituan ...hihihi ), nah mulai deh gw cari info mengenai tuh sate padang , kl mau nanya bapak mertua sepertinya beliau tdk pernah bikin sate padang jadi lbh baik cari mbah google aja , tp banyak bgt resep2 yang beraneka ragam bikin gw pusing aja , akhirnya gw campur2 in aja resep 2 yang ada ama ide gw , walau baru kali ini gw bikin nie sate tapi ternyata eunak bgt ( mnrt gw ) kebetulan orang di rumah pada kagak suka karna ada lidah nya dan bumbu yang kenyal2 gitu jadi otomatis gw yang makan sendiri ...😃😃,  ternyata nggak susah nya bikinnya dan kebetulan bumbu nya komplit deh tersedia . Nie buat emak2 , tante 2 dan sahabat 2 ku dimanapun kalau mau coba bikin nie sate boleh intip resepku nih ...semoga cocok .

Sate padang 
Bahannya : 
By maya kitchen 

1 bungkus lidah ( kayanya sekitar 500 gram deh , lupa diliat beratnya ) 
250 gram daging sapi berlemak 
5 lembar daun jeruk 
50 ml santan kental 
150 gram tepung beras , larutkan dgn air 
1 sdm tepung tapioka , larutkan dgn air 

Bumbu yang dihaluskan : 

5 buah cabe merah besar ( kl krng suka pedas bisa dikurangi ) 
1 ibu jari telunjuk kunyit 
3 ruas jahe 
1 sdm ketumbar sangrai 
1 sdt jinten 
1 sdt merica bubuk ( kl yg butir 1/2 sdt saja ) 
Garam secukupnya 
1 ruas lengkuas 
5 siung bawang merah uk. Kecil 
1 buah bawang bombay uk. Kecil 
4 siung bawang putih 
1/2 bungkus bumbu gulai instan 
1 batang sereh , potong kecil . 

Pelengkapnya : 
1 buah lontong 
Bawang goreng 

Cara membuatnya ( method ) : 
1. Ambil panci beri air sekitar 1500 ml- 2000 ml , kmdn masukkan daging dan lidah rebus sampai setengah matang dulu  ( gw waktu memasak daging dan lidah akan keluar buih 2 nya nah gw buang dgn saringan biar air tetap jernih ) , kecilkan api biarkan air mendidih dan daging masih didalam panci , angkat dulu lidah lalu bersihkan kulit putih nya kmdn masukkan kembali lidah setelah bersih . 

2. Ambil wajan beri minyak sedikit kemudian tumis bumbu halus sampai harum, beri daun jeruk( lime kafir ) aduk rata , setelah matang , matikan api. Kemudian bumbu tumisan ini masukkan ke dlm panci yang tadi msh berisi daging dan lidah dan masih dlm keadaan mendidih , masak kembali dgn api besar agar bumbu meresap pada daging dan lidah sampai  empuk . Setelah itu angkat daging dan lidah lalu potong2 sesuai selera , sisihkan . Kaldu yang msh didalam panci biarkan mendidih  trs dan beri cairan tepung beras dan kanji aduk rata biarkan sampai adonan kuah sate ini mengental setelah mengental , matikan kompor, angkat dan sisihkan.  Sate padang siap tuk disantap dengan lontong dan taburan bawang goreng .


Selamat mencoba , gampangkan 😊k

Sate padang yg siap tuk disiram saus .. Yummy ( ini hanya daging saja tanpa lidah )

II
Yang ini sate padang yg pake lidah siap dinikmati dgn saus dan lontong .. Hmhmhm yummy
Nah ini sate padang ala maya kitchen .. Hmhmhm sedaaaap 😊😊😊

No comments:

Post a Comment