Wednesday, March 12, 2014

Resep Pindang Tulang Iga

IKapan hari liat postingan disalah satu milis ( ntah punya siapa ) ada gambar Pindang tulang iga ini   Kaya nya enak banget deh ngeliat nya ( apa karna lapernya jd segala pingin...hihihi) . Nah asyiknya pas blanja ke salah satu swalayan dapat deh tulang iga yang ukurannya sedang lumayan buat berempat jadi bisa langsung habis ...hihihi( paling males bgt kl bikin makanan trs nggak hbs , mubajir gitu dan suka sedih kl liat makanan terbuang karna msh byk orang2 yang laper ..hikhihk ) . Akhirnya hari itu mulai deh gw menyiapkan bahan bahan yang diperlukan trs mencoba eksperimen bumbu , karna namanya pindang berarti ada rasa asam, manis dan pedas  dan yang pasti bumbunya nggak jauh dari kaya itu deh ( pasti ibu 2 udh pinter menebak ) , alhasil hasil pindang reka2 ini mnrt gw dan keluarga enak karna didapat rasa yang segar bgt dr kuah dan bumbu yang meresap ke   daging  ,pindang ini seperti makanan khas Palembang ( pernah nyoba dr teman yang asli Palembang ) seperti nya rasa nya tak jauh dr pindang buatanku ( kepedeaan deh gw ...hihihi) . Yuk buat yang lg pingin masakan ini boleh liat kok resepnya ....


Bahannya : 
1 kotak beef rib ( isi sekitar 5 potong tulang dan daging ), sekitar 500 gram bisa jg pake daging kl susah cari tulang iga .
Kemangi secukupnya 
6 siung bawang merah , iris tipis 
6 cm jahe , iris tipis 
1 jari telunjuk kunyit , iris tipis 
5 siung bawang putih , iris tipis 
1 batang serai , digeprek 
5 buah cabe merah , belah dua ( aku buang bijinya ) 
3 buah cabe hijau , belah dua ( aku buang bijinya ) 
5 buah cabe rawit merah utuh 
2 buah asem kandis ( boleh skip kl tdk ada ) 
Beberapa tomat cherry 
3 sdm asem jawa , cairkan dengan air 
1/2 sdm gula merah 
Garam secukupnya 
1 telunjuk laos , iris tipis 
Bawang goreng 

Bumbu yang dihaluskan :
5 siung bawang merah 
3 siung bawang putih 
5 buah cabe merah 

Caranya : 

1. Rebus tulang iga sampai empuk ,angkat dan  sisihkan bersama kaldunya ( masak dgn api kecil  agar didapat kaldu yang bening ) . 
2. Tumis bumbu halus kmdn masukkan irisan bawang merah , bawang putih , kunyit, jahe , laos dan sereh sampai wangi . 
3. Setelah bumbu harum dan matang baru masukkan kedlm rebusan tulang iga yang tadi sdh dimasak kmdn masukkan asam jawa, asam kandis , gula dan garam , masak kembali sampai bumbu meresap dan cicipi rasanya . Jika kuah air nya kurang bisa ditambah lg secukupnya . 
4. Setelah matang dan api masih menyala jgn lupa masukkan cabe rawit , belahan cabe merah dan hijau aduk sebentar lalu angkat dan matikan kompor. 
5. Taruh dimangkuk saji ( pyrex ) kmdn beri diatas nya tomat , kemangi  dan bawang goreng , Pindang tulang iga siap tuk dinikmati bersama keluarga dengan nasi hangat . Sajikan Pindang ini dalam kondisi hangat biar lbh makyus deh .....bisa tambah trs nie . 


Selamat mencoba kawan 
Ini dia hasilnya ...


No comments:

Post a Comment