Thursday, March 27, 2014

Resep Bakso ( meat ball ) ala maya kitchen

Hari ini lg males2 an di rmh pdhl sih emang tiap hari , hihihih. Dari pada males nyanggak bermanfaat mending gw eksperiment membuat bakso kaya yang di toko2 ( gaya bgt gw mau nyaingin abang bakso ama pengusaha bakso apa nya ...😊) bikin bakso ini sebenarnya dari beberapa kali percobaan dan beberapa kali liat milis baru kali ini didapat yang mnrt gw pas sama kaya di toko2 , tapi dari tulisan tulisan bakso gw semua enak tinggal para emak 2 dan sobat 2 cari aja yang sesuai dengan selera ( kok gw jadi kepedeaan bilang bakso gw enak ...hihihi). Nah biar nggak panjang2 curhat nya mending langsung aja deh gw jembrengin nie resep nya ( resep ini gw dapat dr beberapa di mbah google trs gw modif sendiri maklum lagi senang eksperiment sapa tahu bisa jadi pengusaha bakso ..😃😃) .

Bakso sapi 
Bahannya : 
By , maya kitchen . 

500 gram daging cincang ( pake yang msh fresh dan sdkt lemaknya ) 
80 gram corn strach 
20 gram tapioka strach 
50- 100 ml putih telur ( sekitar 3-4 buah nya ) 
150 ml air es yang gw campur sama es batu 
Garam secukupnya 
1/2sdt merica bubuk 
1 sdt gula putih 
4 siung bawang putih , iris tipis , goreng 
1 sdm bawang putih halus ( kebetulan gw pake bawang putih yg udh halus atau. 3 siung  bawang putih , haluskan ) 
Air secukupnya tuk merebus . 
1/2 sdt baking powder acting 

Caranya : 

1. Blender atau mixer  ( kl gw pake food procesor ) daging cincang dengan 1/2 es batu yang udh dihancurkan giling sampai hancur dan daging lembut atau dengan air es yg tadi . 

2. Setelah daging halus masukkan bwang putih goreng, bawang putih halus, merica,garam , putih telur dan sisa air sedikit aja lg dan giling  kembali daging bersama bumbu2 tersebut sampai lembut . 

3. Terakhir baru masukkan tepung tapioka strach dengan corn strach dan baking powder , giling kembali sampai adonan berbentuk pasta. Setelah itu matikan mixer atau blender atau food procesor kmdn pindah kan adonan ke dlm wadah / bowl lalu simpan sekitar 1 jam atau lbh dalam lemari es. 

4. Rebus air dalam panci secukupnya sampai mendidih , setelah mendidih kecilkan api kmdn keluarkan adonan dari kulkas kmdn bentuk spt pentol bakso , caranya ambil segenggam adonan lalu keluarkan diantara telunjuk dan jempol sampai berbentuk bulat , krn adonan lengket ( adonanlengket karna penggunaaan air es ) maka gunakan sendok tuk mengambil adonan tsb. Lakukan sampai adonan habis . Biarkan pentol bakso mengapung itu tanda bakso sdh jadi tapi tuk memastikan spy bakso matang ke dlm sebaiknya biarkan bakso dimasak dulu sekitar 5 mnt dgn api sedang . 



Note : jika ingin membuat bakso urat tinggal bahan yg diatas dicampur dengan urat sapi ( urat sapinya direbus dulu lalu dicincang halus pake food procesor aja krn kl pake tangan rada suseh ) 


Selamat mencoba semoga berhasil . 
Gimana mnrt pemirsa bakso ku udh ky bakso toko kan .. ????
Nah spt ini dlm nya ..


Nah ini wajah dr bakso urat nya .. Tuh keliatan putih2 urat nya .

No comments:

Post a Comment