Saturday, March 8, 2014

Resep Lontong sayur ala maya kitchen

Beberapa hari terbaring di tempat tidur akibat sakit  udah bikin gw suntuk banget rasa nya pingin gerak banyak tapi apa mau dikata harus nurut kata suami dan dokter , dan hari ini diawali dengan bersinarnya matahari pagi , gw udah mulai bisa turun dan mulai bisa bergerak lagi ke dapur kesayangan walau harus berhati2 jgn grasak grusuk seperti biasa nya ...hihihihi, hari ini gw pingin banget makan lontong sayur labu siam ( untung sblm ke RS gw sempet beli labu siam dulu ) dan mulai deh gw berantraksi lagi walau sebagian dibantu sama kakak Rizka ( makasih nya kak ) dan terwujud deh masakan ini dengan segenap rasa dan banyak istirahatnya ...hihihi, untung gw msh punya lontong  instan yang siap direbus tanpa hrs gw susah 2 bikin. Ternyata asyik jg nya kl tinggal dirantau jadi qta tetap bersemangat buat mewujudkan apa yang qta mau dan hal yang paling penting adalah qta tdk bergantung pada siapapun ( kecuali pada Alllah Swt ) pada saat qta sakit ataupun susah , harus berjuang sendiri .....😊😊😊. Nah ini resep lontong sayur labu siam ku , mungkin ada yang ingin coba ...


Bahannya : 

1 bungkus lontong instan ( kl mau bikin jg gampang liat aja di lontong almunium foil ku ) 
3 butir telur, rebus 
2 buah labu siam, iris seperti korek api , cuci bersih dan tiriskan .
1 sdm udang kering , rendam dulu nya biar empuk 
2 lembar daun salam 
1 ruas jari lengkuas 
400 ml santan cair ( aku 1/2 kaleng= 200 ml santan kental campur dengan air 200 ml ) 


Bumbu yang dihaluskan : 

4 siung bawang merah 
4 siung bawang putih 
3 butir kemiri 
Garam secukupnya 
Gula putih secukupnya 
1 ruas jari kunyit ( boleh pake boleh nggak ) 

Pelengkap nya : 
Emping / krupuk aci 
Sambel 
Telur rebus 
Bawang goreng 


Caranya membuat sayur labu siam : 

1. Rebus lontong aku pake presto sekitar 1 1/2 jam , angkat tiriskan . 
2. Panaskan wajan beri 3 sdm minyak goreng lalu tumis bumbu halus sampai harum lalu beri salam, lengkuas aduk rata , masukkan udang kering kmdn aduk2 lalu masukkan labu siam aduk rata sampai bumbu tercampur rata  kmdn beri santan cair aduk biar kan santan mendidih dan labu siam empuk , cicipi rasa nya , matikan kompor , angkat simpan dlm wadah . 

Penyusunannya : 

Ambil mangkuk lalu susun lontong, banjur dengan sayur labu siam beri bawang goreng , telur rebus , krupuk dan sambel ...hmhmhmhm nikmat bgt ( alhamdulillah akhirnya terpenuhi rasa kangen lontong sayur ) . 


Selamat mencoba . 
Lontong sayur sbg bekal ke Wasila kmrn ..





No comments:

Post a Comment