Friday, March 7, 2014

Resep Ayam goreng Kremes

Kali ini gw bikin ayam goreng lagi tapi yang ini namanya ayam goreng kremes ala maya kitchen , ya berhubung punya anak yang amat favorit sama ayam jadi emaknya hrs bikin segala macam model ayam goreng biar kegiatan makan nie teteh jalan dan nikmat terus , gw jadi inget zaman gw dulu kerja dan lg hamil si Teteh kegemaran gw kalau makan siang pasti ayam goreng bumbu dan tahu goreng yang digoreng bersamaan dgn ayam wah nikmat banget deh segala cape jd terbalaskan setelah menyatap menu ini , makanya nggak heran kl Teteh jadi maniak bgt sama ayam karna saat hamil kedoyanan emaknya cuman ayam goreng plus tahu ....,mumpung lg istirahat jd gw coba nulis lagi nie resep siapa tahu ada ibu2 yang perlu dan kehabisan ide buat mengolah ayam ...


Bahannya : 


1 ekor ayam  , potong menjadi 8 bagian ( 1 whole chicken , cut 8 pieces ) 
3 lembar daun salam ( 3 bay leaves ) 
3 cm galangal ( lengkuas ) 
1 batang lemon grass ( sereh ) geprek 
2 sdt garam ( 2 salt teaspoon ) 
500 ml air ( 500 ml water ) 

Untuk kremesannya : 
3 sdm  tepung tapioka+ 100 mi air  ( 3 tablespoons tapiokaflour + 100 ml water ) 
1/2 sdt baking powder ( 1/2 teaspoon baking powder ) 


Minyak goreng ( cooking oil ) 


Bumbu yang dihaluskan ( spice to grind ) 

1 sdm  ketumbar ( 1 tablespoon coriander ) 
7 siung bawang putih ( 7 siung clove garlic ) 
3 buah kemiri ( 3 candle nuts ) 
3 cm kunyit ( 3 cm turmeric ) 

Caranya : 

Campur bumbu halus dengan ayam beri sisa bumbu lainnya ( lengkuas, sereh dan daun salam serta garam ) dan air 500 ml kmdn ungkep ayam sampai bumbu meresap kira kira sekitar 30- 45 mnt . 
Kmdn  angkat pisahkan  ayam dan airnya ( angkat aja ayam lalu simpan dlm wadah dan sisihkan ) . 
Lalu ambil air ungkepan ayam ukur sekitar 500 ml kl kurang tambah air biasa aja ( ini nanti dicampur tuk membuat kremesannya ) 

Cara membuat kremesannya : 

1. Cairkan  3 sdm tepung tapioka dengan 100 ml air lalu beri 1/2 sdt bakin powder . 
2. Kmdn didihkan sisa air ungkepan ayam tadi dalam panci kmdn tuang tapioka yg sdh di cairkan lalu aduk 2 biarkan menjadi adonan yg kental seperti lem , setelah itu matikan kompor , angkat adonan dan sisihkan . 


Cara menggoreng ayam kremes : 

1.  Panaskan wajan beri minyak goreng secukupnya , setelah panas ambil 1 potong ayam goreng sampai agak kekuningan lalu tuang adonan tapioka tadi yang sdh berbentuk lem sekitar 1-2 sdm diatas ayam , siram2 dengan minyak panas , adonan tapioka ini akan menyebar setelah buih yang keluar dari adonan tapioka berkurang baru kumpulkan kembali kremesan yang tadi menyebar keatas ayam , kremesan akan mengering kmdn angkat ayam dan tiriskan . Lakukan prosedur ini sampai ayam habis . Ayam goreng kremes siap tuk di nikmati bersama sambel terasi , nasi hangat dan lalap . Kl mau ditambah sayur lodeh atau sayur asem akan lbh makyus dan nikmat ...hmhmmhmhm 


Selamat mencoba . 
Nah ini ayam kremes nya
Ayam kremes komplit serasa makan di jalan Imam bonjol bandung .. Nikmat ..

No comments:

Post a Comment