Monday, March 31, 2014

Resep Sentiling

Makanan ini sebenarnya belum pernah gw makan makanya pas kemarin liat di blog nya  mba Diah didi kitchen , rada tergiur jg tuk bikinnya apalagi gampang banget dan berbahan ubi kayu yang gampang didapat , kl liat warna dr kue ini emang menggiurkan dan setelah gw pratekkan ternyata emang enak , manis nya pas banget dan rasa singkong yang berbaur dengan agar agar bikin kue ini sdkt kenyal tapi rasa singkong nya kuat apalagi pas ditaburi dengan kelapa parut hmhmhm yummy deh dan ditambah dengan teh hangat , wah bisa nggak keliatan kl mertua lewat jg ...hihihihi . Mnrt infonya kue ini ada diSemarang dan namanya Sentiling nah kl dijawa barat gw nggak tahu mungkin kue warna warni singkong kali nya ( ngarang bebas bgt gw 😃😃😃. ) yuk deh buat ibu ibu dan sobat sobatku yang pingin bikin nie kue , ini gw jembrengin resep nya semoga cocok , buat mba Diah didi  makasih nya udah share ilmu nya , semoga trs byk resep2 yg lainnya .


Bahannya : 
By : diah didi kitchen 

500 gram singkong parut 
110 gram gula pasir 
1/2 bungkus agar agar bubuk warna putih 
1 bungkus kecil vanili / 1/2 sdt vanili bubuk 
175 ml air 
1/2 sdt garam 
250 gram kelapa parut untuk taburan , ( kupas kelapa sampai bersih kulit ari nya , parut  panjang beri 1/4 gram garam kukus selama 15 mnt ) , kl gw pake kelapa parut yg dr frozen aja . 


Cara membuatnya : 

Campur singkong parut, agar2 , gula , air , garam dan vanili aduk rata , kmdn blender sampai halus ( kl ingin singkong nya lbh jelas tdk perlu di blender jd serat singkong nya akan terlihat lbh bagus ) agar adonan lbh lembut , bening ketika matang dan tdk ada serat2 singkongnya . Setelah itu bagi adonan menjadi 3 ( aku tadi adonan seluruh nya sekitar 700 gram , aku bagi 3 adonan setiap mangkok berat nya sekitar 200-250 gram deh ) setiap mangkok aku beri pewarna makanan ( kuning, merah muda / pink dan hijau , warna terserah pemirsa aja ) aduk rata agar warna tercampur rata pada adonan. Setelah tercampur baru masukkan setiap adonan  kedlm cetakan kl pake  loyang sebaiknya loyang dialasi plastik kmdn  kukus slama 15 menit tiap 1 warna lakukan sampai adonan habis dan angkat lalu dinginkan baru potong 2 sesuai selera ( kl aku pake cetakan bolu sakura , pertama aku tuang warna merah kukus slama 15 menit lalu warna hijau 15 menit dan terakhir warna kuning selama 20 menit , lakukan sampai adonan habis , angkat dinginkan baru keluarkan dr cetakan , memang sedikit lengket jadi aku ngeluarinnya pake tusuk sate yang aku congkel ujung2 nya ) , cetakan bolu sakura nya aku tdk olesi minyak agar hasil kuenya tetap mengkilap asli dr agar 2 bkn krn minyak , tapi pas dipotong kue ini akan kelihatan serat singkongnya , setelah semua matang taburi dengan kelapa parut dan sentiling siap tuk disantap , kl aku dimasukkin dulu kedlm kulkas biar lbh eunak . Baru disajikan dengan taburan kelapa parut ..hmhmhmhm sedeeep . 

Selamat mencoba sobat sobat ku . 

Nah ini wajah sentiling dr atas mengkilap dan cantik nya .., muji2 sendiri
Kl yg ini dr pinggir .. Bagus kan
Nah ini yg sdh ditaburi klapa parut.. Sedap
Nah ini dalam nya sentiling terlihatlan serat singkongnya ..

No comments:

Post a Comment