Thursday, February 6, 2014

Resep sayur nangka padang ( lontong sayur padang )

Sayur ini pertama kali gw bikin waktu gw penasaran sama lontong padang yang dijual diderah simpang dago ( kaki lima ) dulu setiap anter kakak rizka sekolah pasti gw ngelewatin tuh abang 2 lontong sayur padang dan tiap hari gerobak abang2 itu selalu penuh sama pembeli dan gw selalu penasaran seenak apa sih tuh lontong sayur , dengan rasa penasaran yang tinggi akhirnya suatu hari gw sempetin beli tuh lontong dari penampilannya memang menggiurkan tapi dr segi rasa mnrt gw kurang menendang bgt ( mungkin karna buat jualan kalinya jd bumbunya nggak jelas ...hihihi) akhirnya suatu saat gw coba bikin dengan membuat racikan ala gw tea dan sambil minta resep jg ama bapak mertua gw yg orang padang alhasil sayur nangka gw lbh nendang dibanding abang2 yg disimpang tea  dan mulai saat itu kl pingin lontong sayur padang gw bikin aja sendiri, cuman satu kekurangan gw kl lg datang Muales boro2 pingin nyentuh dapur yang ada malah nongkrong di warung padang ...😃😃nih buat yang kangen dan pingin bikin lontong sayur nangka padang nie resep nya . Porsi segini mnrt gw cukup buat 6 orang deh. 


Bahannya : 

250 gram daging sapi (  lbh enak kl yg ada lemak2 nya , terserah mau daging apa aja  ) 
1 kaleng nangka ( isi sekitar 400 gram deh , lupa lagi keburu kaleng nya gw buang ) 
350  ml santan kental 
5 lembar daun jeruk purut
Daun kari ( curry leave ) secukupnya , ada ditoko asia grocery ( APA market ) 
3 lembar daun salam 
1 batang sereh  bagi 2 , geprek 
 1-2 sdm air asam  kanji  
Kacang panjang secukupnya / buncis ( optional ) 


Bumbu yang dihaluskan 

5 siung bawang merah ( kl tdk ada  bawang merah bisa pake 1 buah bawang bombay merah ) 
5 siung bawang putih 
3 buah cabe merah ( kl mau pedas bisa tambah lg beberapa buah ) 
2 ruas jari jahe 
1/2 ibu jari kunyit ( kl kunyit nya kecil 2 pake sekitar 3 buah ) / 1 sdt kunyit bubuk 
Lengkuas secukupnya 


Cara memasaknya ; 

Jika nangka nya msh mentah rebus dulu nangka sampai empuk, angkat sisihkan ( krn gw pake nangka kaleng jd gw nggak rebus krn nangkanya udh mateng ) . 

1. Rebus daging dengan air sebanyak 750 ml , pada saat direbus biasa nya  ada busa2 dlm daging , buang saja busa 2 tsb dengan saringan kecil kmdn beri 1 sdm garam . Biarkan sampai daging matang , matikan kompor , angkat daging lalu potong kotak atau sesuai slera , sisihkan . 
2. Blender / uleg  bumbu 2 seperti bawang, cabe, lengkuas , jahe , kunyit sampai halus . 
3. Kemudian panaskan wajan beri minyak sekitar 3 sdm lalu tumis bumbu halus aduk2 sampai bumbu harum baru masukkan daun jeruk, sereh, dan daun curry, aduk sebentar kmdn angkat dan masukkan tumisan bumbu ini kedlm air kaldu bersama daging aduk2 rata lalu beri air asam kanji , terakhir masukkan santan aduk2 jgn sampai santan pecah biarkan santan mendidih . 
4. Setelah santan mendidih baru masukkan potongan 2 nangka aduk rata lalu masukkan kacang panjang  ( jika suka boleh pake , optional aja ) . Cicipi rasa nya jika sdh cukup , masak dengan api sedang ,jika sdh matang matikan  kompor . Dan sayur nangka siap tuk disantap dengan lontong dan krupuk merah...hmhmhm yummy deh . 


Selamat mencoba kawan . 

Lontong sayur nangka padang 

No comments:

Post a Comment