Tuesday, January 6, 2015

Resep Asinan Buah tanpa Cuka ala maya kitchen

Iseng banget kemarin nemu kendondong kecil2 di Asia Grocery , dan terlintas buat gw bikin asinan buah aja dan gw udah punya ketimun , bengkuang dan apel yang rasa nya masam bgt dan cocok buat gw bikin tuh asinan , serasa makan asinan buah bogor yang terkenal itu , kali ini gw bikinnya tanpa pake cuka , hbs kl pake cuka so pasti perut gw suka melilit 2 nggak jelas jadi drpada perut gw bernyanyi jadi cuka nya gw ganti ama lemon aja dan rasa nya benar2 yahuuuud deh dan yang pasti nggak bikin perut gw berdendang ria ...hihihi . Sebenarnya jenis buah nya terserah saja nggak menjadi patokan yang ada diresep ini . Asinan buah ini sebenarnya favorit suami gw , kl suami tuh suka sama rujak plus asinan kl gw standar aja tdk terlalu bgt suka jd kl lagi terlintas pingin aja baru makan deh , gw cuman senang memasak nya . Jgn kepanjangan ah ceritanya , yuk qta mulai aja . 


Asinan buah tanpa cuka ala maya kitchen 
By: maya kitchen 

Bahannya : 

6-7 buah kendondong , kupas , potong kecil2 ( sesuai selera aja ) 
1 buah apel , potong kecil2 
1 buah ketimun , iris bulat , bagi  dua 
1 buah bengkuang , potong kotak dadu . 
Segenggam  kacang tanah , goreng , tuk taburan , sisihkan . 
100 - 150 gram gula putih ( boleh ditambah jika kurang manis ) 
1-2 buah jeruk lemon , peras ambil air nya ( boleh pake jeruk nipis ) 
150 - 200 ml air 
3 buah cabe merah besar , buah bijinya ( atau kl mau pedas boleh tdk dibuang bijinya ) , uleg halus . 
Garam secukupnya 


Caranya : 

1. Campur gula , air   Cabe merah yang sudah dihaluskan. , garam masak sampai mendidih , angkat lalu saring . Biarkan dingin . 
2. Setelah dingin baru beri perasan air jeruk lemon , cicipi rasa nya jika kurang tinggal tambahkan saja bumbu apa yang mnrt teman2 / buibu dirasa kurang . 
3. Campur buah 2an dan simpan dlm bowl lalu masukkan rebusan air  ( yang tadi di no. 1 campuran bahan2 yang sdh dimasak td ) aduk rata setelah itu taburi dengan kacang tanah goreng dan asinan siap tuk dinikmati . 


Selamat mencoba . 


Segeeer bgt ... Yummy 

No comments:

Post a Comment