Sunday, January 4, 2015

Resep Semur Bola bola daging cincang ala maya kitchen

Menu terakhir dari masakan gw adalah Semur bola bola  daging cincang , bikin nya nggak pake ribet dan so pasti buibu dan teman2 pasti bisa bikinnya dan menu ini cocok buat anak2 kecil karna nggak pedas dan bisa buat teman makan nasi uduk , lontong sayur atau sebagai lauk biasa jg enak kok , apalagi buat bekal suami so pasti cocok , sebenarnya bikin menu ini karna liat daging cincang nganggur di kulkas kmrn beli 2 kotak , yang satu udh di oprek jadi bakso dan tinggal satu ini daripada kelamaan tuh daging nganggur mending gw bikin menu lain aja makanya jd perkedel daging ini , kl inget makanan ini gw inget dikantin Masjid Salman Bandung , gw amat favorit ama menu ini zaman wkt gw sekolah setiap habis sholat di masjid ini gw pasti mampir dikantin trs makan deh ( zaman jd anak kost ) favorit gw tuh pasti makan di kantin salman ini dan menu nya yang paling gw suka adalah semur perkedel  daging ini , sebenarnya enak jg wkt dikantin salman ini karna harga mahasiswa bgt dan menu nya byk pilihan dan yang penting harga terjangkau ama kantong mahasisawa ...hihihihi . Pokoknya 4 sehat 5 sempurna deh . Sebenarnya selain kantin salman ada lagi kantin shakinah ini jg enak trs kantin yang di sekeloa gw lupa namannya , kerjaan gw ama teman2 pasti hangout nya cuman dr kantin ke kantin krn blm kaya sekarang bdg byk tempat nongkrong nya ...hihihi. Zaman masih jadul bgt . Kl liat Bandung skrng wow penuh resto and cafe buat nongkrong2 . Lha ini kok jd ngelantur ya uis qta kembali pada lap top yaitu resep Semur bola bola  Daging Cincang .... Cekidot . Makasih tuk  mama Aisyah atas share resepnya , tapi sy rubah jumlah bahan2 nya krn disesuaikan dengan yang ada di dapur . 


Semur bola bola  daging cincang ala maya kitchen 
Sumber : mama Aisyah 
Modif by : maya kitchen 


Bahannya : 

1 kotak daging cincang ( kurleb 454 gram ground beef ) 
2 sdm kelapa parut , sangrai ( optional ) 
4 butir telur uk. Kecil 
10 siung bawang merah , iris halus , goreng dan haluskan 
2 sdt gula putih 
Garam secukupnya 

Bumbu halusnya 
3 siung bawang putih 
1 1/2 sdt ketumbar , sangrai 
2 sdt merica bubuk 
1 sdt pala bubuk 
 
Bumbu kuah nya : 

5 siung bawang merah , iris tipis 
2 ruas lengkuas iris halus 
4 lembar daun salam 
Kecap manis secukupnya 
750 ml -  1000 ml air 

Caranya : 

 1. Campur daging cincang dengan kelapa parut sangrai, bumbu halus , telur , bawang  goreng halus, garam  dan gula putih aduk sampai bumbu tercampur rata dan adonan dapat di pulung . Jika adonan sdh dirasa dapat dipulung kmdn bentuk lonjong atau bulat , lakukan sampai adonan habis dan sisihkan . 
2 . Panaskan wajan beri minyak goreng secukupnya lalu tumis bawang merah sampai harum , salam , lengkuas kmdn masukkan kecap manis dan air masak sampai mendidih beri garam , merica dan gula cicipi rasa jika sdh pas masukkan adonan daging yang sdh di bentuk lonjong atau bulat biarkan sampai adonan daging mengeras , baru balik2 atau aduk2 , masak sampai bumbu meresap kedlm daging dan air sdkt saat setelah itu matikan kompor , angkat dan semur perkedel daging siap tuk disajikan bersama lontong sayur atau nadi hangat . 


Selamat mencoba . 



Ini menu hari ku... 

No comments:

Post a Comment