Thursday, January 29, 2015

Resep Puding Busa Jeruk ala maya kitchen

Kemarin hari rabu tanggal 28 januari 2015 , ceritanya  buibu PKK di tempat gw mau ngadain masak bersama dan menu yang akan diolah adalah empek empek dan bakso, sebenarnya buibu semua udah pada pinter masak salut deh sama cemangad buibu semua, gw aja sebagai pemula dalam dunia masak memasak kagum banget ama ilmu2 yang mereka punya , dr banyak perbedaan  cara pembuatan dan cara bahan yang dipakai bikin gw jadi tambah byk ilmu lagi buat meminimaliskan cara memasak kalau lagi mepet waktu nya ...makasihnya teman2 yang sudah banyak memberi ilmu kemarin semoga semua ilmu yang diturunkan menjadi amal pahala buibu semua ...aamiin . Nah untuk acara memasak bareng bersama buibu Alaska , gw kemarin bawa hasil karya dr rumah walau itu bikinnya super dadakan karna bingung mau masak apa dengan waktu yang mempet dan cuman terlintas untuk masak yang super cepat dan nggak terlalu ribet jadi diputuskan membuat puding busa jeruk yang bikinnya gampang tanpa pake repot dan yang penting nggak banyak wadah yang harus gw cuci2 ...maklum gw lagi super duper muales bgt karna badan lagi kurang enak jg ( alasan deh ...😀😀) . Rasa puding ini mnrt gw enak karna rasa asam dr nutrisari betpadu dengan vla yang manis pokoknya bikin lidah termanjakan deh apalagi lembut banget jadi kalau makan cuman satu iris so pasti pingin tambah lagi .....( mnrt gw sih yang bikin )mnrt orang dirumah jg sih . Yuk qta intip resep nya siapa tahu ada yang berminat dan pingin coba membuatnya . 


Puding Busa Jeruk ala maya kitchen 
Sumber : Yeni suryasusanti 
Modif by : maya kitchen 

Bahannya : 
1 kaleng jeruk mandarin 
2 bungkus agar2 bening / putih 
750 ml air 
100 gram nutrisari bubuk ( yeni pake 90 gram ) 
200 gram gula putih 
4 butir putih telur ( 120 gram putih telur , satu putih telur beratnya 30 gram ) 
1/2 bungkus vanila bubuk 


Vlanya : 

500 ml susu cair / UHt ( aku pake 400 ml susu cair + 100 ml whipping cream ) 
2 kuning telur , kocok lepas 
1 sdm maizena 
150 gram gula putih ( jika ingin manis bisa ditambah lagi ) 
1 sdt vanili bubuk . 

Caranya : 


1. Susun buah jeruk pada loyang , sisihkan. 
2. Kocok putih telur sampai mengembang dan kaku ( hard  peak ) , sisihkan . 
3. Campur agar agar, vanili , gula putih dan air , kemudian masak sampai mendidih lalu angkat . 
4. Tuang adonan agar2 kedlm loyang yang berisi susunan jeruk mandarin sekitar 50-75 ml tujuannya hanya tuk mengikat susunan jeruk . 
5. Sisa adonan agar2 beri nutrisari , aduk rata , sampai uap panas nya hilang . 
6. Setelah uap panas hilang , lalu adonan agar2  yang sudah dicampur dengan  nutrisari baru campur dengan kocokkan putih telur sedikit2 ( gunakan whisk ) agar adonan bersatu dengan putih telur . 
7. Tahap terakhir adalah tuang adonanyang sudah dicampur putih telur tadi kedalam loyang yang berisi susunan jeruk tadi , biarkan dingin dan beku , sisihkan ( lebih baik masukkan kedlm lemari pendingin ) . 

Membuat Vlanya : 


*Vla
1) Cairkan tepung maizena dengan sedikit susu, masukkan kuning telur dan vanilla bubuk kocok rata. Sisihkan.
2) Rebus susu dan gula sambil diaduk terus sampai mendidih, kecilkan api.
3) Masukkan cairan maizena dan telur ke dalam rebusan susu, aduk cepat.
4) Biarkan sampai meletup, angkat, sambil terus diaduk2 hingga uap panasnya hilang.
5)  Masukkan ke dalam kulkas supaya dingin.


Tips & Tricks:
- Agar mendapatkan kuning telur yang segar dan tidak mengeras karena mengantri, aku lebih suka membuat vla terlebih dahulu. Sementara itu, putih telur bisa disimpan sebentar di kulkas.
- Untuk mengikat jeruk kupas, gunakan sedikit saja agar2 bening. Jika terlalu banyak permukaan jeruk menjadi putih buram, kurang mengkilap.
 - Jika membuat agar2, cairan harus dijerang hingga mendidih benar, jika tidak agar2 tidak bisa mengeras dengan baik. Aduk2 agar2 supaya tidak ada bagian yang mengendap dan gosong di dasar panci.
- Untuk mendapatkan kocokan putih telur yang hard peak, wadah harus benar2 bersih dan bebas lemak. Setitik saja kotoran atau lemak akan membuat putih telur anda tetap cair (tidak bisa menjadi kocokan yang kaku). Kriteria hard peak adalah putih telur sudah kaku, jika wadah dibalik tidak jatuh / meleleh, dan warnanya putih kering (tidak mengkilap lembut seperti pada kondisi soft peak).
- Tunggu hingga adonan agar2 hangat (tidak beruap lagi) sebelum dicampur dengan kocokan telur. Untuk memudahkan pengadukan, turunkan konsistensi kocokan putih telur dengan 1-2 sendok sayur adonan agar2 (dipancing). Baru kemudian satukan kedua adonan dan dimixer hingga rata. Dengan cara ini diharapkan adonan agar2 tidak akan terpisah antara cairan dan padatannya.  
 

Selamat mencoba . 



Ini hasil karyaku kemarin ... 
Dilihat dr tampak atas .. Sedaaap makan satu potong pasti kurang dan ingin tambah lg ... ( bkn promosi lho ) 😊

No comments:

Post a Comment